AKSARA JAWA LENGKAP: 3 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan

Budaya indonesia sangatlah beraneka ragam ya readers, mulai dari bahasa, suku , kepercayaan dan masih banyak lagi. Salah satu pulau yang ada di Indonesia adalah pulau jawa yang memiliki kekayaan seni berupa aksara jawa. Berikut penjelasan lengkap tentang aksara jawa dan pasangannya.

Tentang Aksara Jawa

Aksara jawa ( Hanacaraka, dan secara resmi dikenal sebagai Déntawyanjana dan Carakan) adalah aksara tradisional Nusantara yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa dan sejumlah bahasa daerah Indonesia lainnya seperti Pulau Jawa, Makasar, Sunda, Melayu, dan Sasa . Tulisan tradisional ini ternyata berkerabat dekat dengan aksara Bali. Aksara Jawa adalah turunan dari jenis aksara Brahmi yang sangat populer di pulau jawa saat itu dan merupakan gabungan dari aksara Abugida dan juga aksara Kawi , mengapa demikian ? Sebab berdasarkan struktur dari tiap-tiap huruf, setidaknya mewakili dua buah dari abjad aksara di dalam bentuk huruf latinnya. Tulisan jawa ini berkembang sekitar abad 13-an nih readers , Namun mulai memudar ketika koloni Belanda memperkenalkan huruf latin kepada penduduk pribumi.

Dalam pelafalannya terdapat 34 aksara konsonan dan 11 aksara suara (vokal) dalam aksara Jawa (di luar aksara tambahan), namun sebagai catatan bahwa tidak semuanya digunakan dalam penulisan modern. Tabel berikut menunjukkan aksara Jawa dengan bunyi aslinya yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa Kuno dan Sanskerta dalam sistem IAST:

Tabel Aksara Jawa Kuno dan Sansekerta

aksara jawa
Tabel Aksara Jawa

Catatan:

  • Ḍa dan ṭa lebih umum ditulis dha dan tha. Penulisan ini digunakan untuk membedakan dha /ɖa/ dan tha /ʈa/ retrofleks dalam bahasa Jawa modern dengan dha /d̪ha/ dan /t̪ha/ teraspirasi dalam bahasa Jawa kuno.
  • Sebenarnya konsonan alveolar, tetapi diklasifikasikan sebagai dental (gigi).
  • Dapat dibaca tanpa bunyi /h/, misalnya (/ɔnɔ/, transliterasi: ana, arti: ada). Hanya berlaku dalam penulisan bahasa Jawa.
  • Ṅa digunakan untuk menulis /ŋa/ dalam bahasa Sanskerta, sementara nga dalam bahasa Jawa.
  • Ña digunakan untuk menulis /ɲa/ dalam bahasa Sanskerta, sementara nya dalam bahasa Jawa.
  • Ṛ dan ṝ digunakan untuk menulis bahasa Sanskerta. Dalam bahasa Jawa, hanya re yang digunakan.
  • Ḷ dan ḹ digunakan untuk menulis bahasa Sanskerta. Dalam bahasa Jawa, hanya le yang digunakan.

Makna Aksara Jawa

By The Way nih readers , ternyata menyebutkan aksara jawa itu tak sembarang ya , karena di setiap lafaz memiliki makna nah adapun makna dari aksara Jawa adalah sebagai berikut:

  • Ha adalah hana hurup wening suci yang arti dalam bahasa Indonesianya adalah adanya hidup merupakan kehendak dari Tuhan yang Maha Suci.
  • Na maknanya adalah Nur Candra atau warsitaning Candara yang artinya adalah pengharapan dari manusia yang selalu mengharapkan sinar dari Ilahi.
  • Ca merupakan cipta weding, cipta dadi, cipta mandulu yang artinya adalah suatu arah serta tujuan dari Sang Maga Tunggal.
  • Ra merupakan rasaingsun handulusih yang maknanya adalah cinta sejati yang muncul dari cinta kasih dalam nurani.
  • Ka merupakan karsaningsun memayuhayuning bawana yang maknanya adalah sebuah hasrat yang diarahkan untuk sebuah kesejahteraan alam.
  • Da merupakan dumadining Dzat kang tanpa winangenan yang artinya adalah menerima kehidupan ini dengan apa adanya.
  • Ta merupakan tatas, tutus, titis, titi lan wibawa yang artinya adalah sesuatu yang mendasar, totalitas, satu visi, ketelitian di dalam memandang sebuah hidup.
  • Sa merupakan suram ingsun handulu sifatullah yang artinya adalah pembentukan kasih sayang sebagaimana kasihnya Tuhan.
  • Wa merupakan wujud hana tan kena kinira yang artinya adalah ilmu manusia yang hanya terbatas akan tetapi untuk implementasinya sangat tidak terbatas.
  • La merupakan lir handaya paseban jati yang artinya adalah menjalankan hidup semata-mata hanya untuk memenuhi tuntutan dari Tuhan.
  • Pa merupakan papan kang tanpa kiblat yang artinya adalah hakihat Tuhan yang sejatinya ada tanpa arah.
  • Dha merupakan duwur wekasane endek wiwitane yang artinya adalah untuk bisa mencapai puncak harus dimulai dari dasarnya atau dari bawah terlebih dahulu .
  • Ja merupakan jumbuhing kawula lan gusti yang artinya adalah senantiasa berusaha untuk mendekati Tuhan dan memahami kehendak Tuhan.
  • Ya merupakan yakin marang sembarang tumindak kang dumadi yang maknanya adalah yakin terhadap ketetapan dan kudrat Ilahi.
  • Nya merupakan nyata tanpa mata, ngerti tanpa diuruki yang artinya adalah memahami sunnatullah atau kodrat dari kehidupan ini.
  • Ma merupakan madep mantep manembah maring Ilahi yang artinya adalah mantap di dalam menyembah Tuhan.
  • Ga merupakan guru sejati sing muruki yang artinya adalah pembelajaran kepada guru nurani.
  • Ba merupakan bayu sejati kang andalani yang artinya adalah menyelaraskan diri kepada gerak gerik dari alam.
  • Tha merupakan tukul saka niat yang artinya adalah segala sesuatu harus tumbuh dan diawali dengan niat.
  • Nga merupakan ngracut busananing manungso yang artinya adalah melepas ego pribadi pada manusia.

Bagian-bagian Aksara Jawa

Aksara Carakan

aksara jawa carakan

Aksara Carakan adalah aksara yang paling dasar untuk mempelajari aksara Jawa. aksara ini berguna untuk menuliskan kata-kata. Yang perlu readers ketahui adalah bahwasanya bentuk masing-masing dari aksara Carakan ini memiliki bentuk beserta pasangannya loh. Nah guna dari aksara pasangan itu sendiri adalah sebagai mematikan atau menghilangkan bentuk vokal dari aksara yang sebelumnya. Masih bingung maksudnya gimana ? langsung aja ya kita lihat contohnya di bawah ini :

Pasangan Aksara Carakan

Dalam pasangan aksara Carakan ini terbagi menjadi beberapa huruf yang saat ini dikenal sebagai Hanacaraka.

hanacaraka

Aksara pasangan ini biasanya akan digunakan untuk menulis bentuk suku kata yang di dalamnya tidak ada vokal ya readers . Contoh Penggunaan Pasangan Aksara Jawa.

contoh penulisan aksara jawa

Aksara Swara

aksara swara

Aksara swara yakni jenis aksara yang digunakan untuk menuliskan jenis huruf vokal yang berasal dari bentuk kata serapan dari bahasa asing supaya pelafalannya menjadi lebih tegas dan jelas.

Sandhangan Aksara Swara

swara

Sandangan adalah bentuk huruf vokal yang tidak mandiri dan digunakan ketika berada di bagian tengah dari kata. lalu di dalam sandangan akan dibedakan berdasar pada cara membacanya.

Untuk aksara Swara ini juga tidak sama dengan jenis aksara-aksara yang lain nih . Ia juga dilengkapi dengan pasangan. Aksara Swara juga memiliki beberapa aturan penulisan yang penting untuk diperhatikan. Berikut rinciannya:

  • Aksara Swara tidak bisa dijadikan sebagai bentuk aksara pasangan.
  • Apabila aksara Swara menemukan sigegan atau konsonan yang ada pada akhir suku kata yang sebelumnya, maka sigegan itu harus dimatikan dengan yang namanya pangkon.
  • Aksara Swara bisa diberikan suatu sandangan wignyan, cecak, wulu, suku, dan lain sebagainya.

Aksara Rekan

aksara rekan

Aksara rekan adalah aksara yang dalam ini banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab , mengapa demikian ? sebab berbagai bentuk dari huruf yang tersedia dalam hanacaraka tidak bisa memenuhi keperluan penulisan dalam menulis sejumlah kata yang asalnya dari Negara lain nih readers . maka dari itu di buatlah aksara rekan . nah aksara Rekan sendiri merupakan jenis aksara yang bisa dipakai untuk penulisan huruf serapan yang asalnya adalah dari bahasa Arab. Misalnya saja huruf f, kh, dz dan lainnya.Aksara jenis ini dipakai untuk menuliskan konsonan yang terdapat pada kata-kata asing yang masih sesuai dengan bentuk aslinya.
Aksara Rekan terdapat dalam lima bentuk. Dan kesemuanya memiliki pasangan masing-masing ya . Adapun untuk aturan penulisannya juga berbeda dengan yang lain. Berikut penjelasannya

  • Tidak seluruh aksara Rekan yang ada memiliki pasangan. Pasangan dalam aksara ini hanyalah Fa dan yang lainnya tidak punya.
  • Aksara Rekan sejatinya dalam praktiknya bisa diberikan pasangan.
  • Aksara Rekan juga bisa diberikan sandhangan seperti aksara-aksara lain di dalam Hanacaraka.

Contoh Aksara Rekan

contoh aksara rekan

Aksara Murda

murda

Aksara Murda sejenis dengan huruf kapital di dalam jenis aksara Jawa. Aksara Murda ini secara khusus dipakai untuk menulis jenis huruf depan suatu nama orang, nama tempat, atau kata-kata lain yang awalnya memakai huruf kapital. Selain itu juga aksara murda kerap dipakai di awal sebuah kalimat atau awal sebuah paragraf.

Kegunaan utama dari aksara ini adalah untuk menuliskan nama gelar, nama orang, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, serta nama lembaga yang berbadan , sebab kata-kata tersebut jika di dalam bahasa Indonesianya menggunakan huruf besar, maka dalam bahasa Jawa menggunakan aksara khusus yang dikenal dengan aksara Murda ini.

Contoh Aksara Murda

contoh murda

Untuk aturan penulisannya sendiri, aksara Murda ini sebenarnya hampir mirip dengan penulisan aksara pokok di dalam Carakan. Namun ada beberapa aturan tambahan dalam aksara ini , seperti :

  • Aksara Murda tidak bisa dijadikan sebagai sigeg atau yang biasa dikenal dengan konsonen penutup untuk jenis suku kata.
  • Apabila ditemui bentuk aksara Murda yang menjadi sigeg, maka harus dituliskan bentuk aksara pokoknya.
  • Jika di dalam satu suku kata atau kalimat terdapat lebih dari satu bentuk aksara Murda, maka terdapat dua aturan yang bisa dipakai. Yaitu dengan mencantumkan aksara murda untuk yang terdepan saja atau dengan menuliskan semua aksara Murda yang ditemui.

Aksara Wilangan

wilangan

Aksara wilangan atau yang biasa dikenal dengan bilangan ini merupakan sebuah aksara yang dipakai untuk menulis jenis angka di dalam aksara Jawa.Angka sendiri digunakan untuk menyatakan suatu lambang bilangan atau nomor. Angka di sini bisa berjenis ukuran, luas, berat, panjang, nilai uang, satuan waktu dan lain sebagainya. Berbagai jenis kuantitas penulisan angka ini dilakukan dengan mengapitkan tanda yang ada pada pangkat pada bagian awal serta akhir dari penulisan angka.Untuk penulisan satuan di dalam sebuah bilangan, satuan tersebut bisa ditulis di dalam bentuk kata lengkapnya. Misalnya saja kilometer, meter, kilogram dan lain sebagainya.

Tanda Baca Aksara Jawa

Tanda baca atau biasa dikenal pratandha dalam aksara Jawa sangat dibutuhkan untuk penulisan aksara Jawa. Nah Aksara Jawa sendiri juga memiliki beberapa macam bunyi yang berbeda saat diucapkan ya readers . Hal itu tergantung pada masing-masing kata yang ditulis memakai aksara tersebut.

Di dalam hanacaraka sendiri, ada beberapa tanda baca di dalam penulisan aksara tersebut. Di dalam perangkat lunak, ada empat buah tanda baca yang perlu diketahui.

  • Pada Adeg – adeg digunakan pada bagian depan kalimat di masing-masing alineanya.
  • Berikutnya pada adeg yang digunakan untuk menandakan bagian yang tertentu pada sebuah teks yang perlu untuk diperhatikan, untuk hal ini hampir sama dengan jenis tanda baca kurung.
  • Adapun pada lingsa sendiri digunakan di akhir bagian kalimat sebagai sebuah tanda intonasi yang masih setengah selesai. Tanda ini setara atau sesuai dengan tanda koma.
  • Selanjutnya adalah pada lungsi yang digunakan pada akhir sebuah kalimat. Tanda baca satu ini sangat setara dengan tanda titik.
  • Pada Pangkat ini memiliki beberapa fungsi di dalamnya. DI antaranya adalah untuk akhir pernyataan lengkap apabila diikuti dengan beberapa jenis rangkaian. Selain itu juga digunakan untuk pangkat yang mengapit suatu petikan langsung.

Tiga Kesalahan dalam Penulisan Aksara Jawa

Kesalahan Penulisan Pasangan

Kesalahan penulisan pasangan terjadi karena belum memahami letak huruf pasangan yang tepat. Sehingga terjadi kesalahan dalam penullisan hingga bunyinya.

Kesalahan Penulisan Sandhangan

Kesalahan penulisan sandhangan terjadi karena banyakorang yang belum sepnuhnya dapat membedakan antara swara dan sandhangan. Selain itu, sandhangan biasnya ditulisa ditengah kata, sehingga tidak mudah dalam menempatkannya.

Kesalahan Penulisan Tanda Baca

Kesalahan penulisan tanda baca dalam aksara jawa sering terjadi, karena kurangnya pemahaman mengenai fungsi dan letaknya. Sehingga terjadi banyak kekeliruan dalam penulisan taksara jawa.

15+ Motif Henna Tangan Pengantin yang Simple Terbaru

Kumpulan gambar dan motif henna tangan pengantin yang simple, dan elegan terbaru untuk warna putih, gold/emas, merah, cokelat dan silver.

Bagi readers yang hobi banget sama film bollywood , pasti tidak asing lagi ya dengan yang namanya henna . diadegan film bollywood , ketika akan menikah misalnya sang pengantin wanita “ diwajibkan “ menghias tangan dan kaki mereka menggunakan henna nih readers , tujuannya mungkin agar si pengantin terllihat lebih menarik di hari pernikahannya .

Jadi, sini nggak perlu lagi deh jauh- jauh pergi ke bollywood jika hanya ingin melihat pengantin yang menggunakan henna ya . Pasalnya di indonesia sendiri sudah banyak pengantin yang menggunakan henna sebagai pemanis kaki dan tangan mereka.namun akhir – akhir ini henna bukan hanya penanda bahwa akan menjadi calon pengantin ya , sebab banyak juga wanita single yang menggunakan henna sebagai pengganti cincin dan gelang nih .

Sejarah Henna

Nah untuk readers yang masih belum paham apa itu henna, yuk kenalan sama seni ukir yang satu ini , check this out :

Sebelumnya banyak yang masih menganggap bahwa Henna dan Mahendi itu memiliki arti yang sama , namun nyatanya tidak ya readers . Dalam pengertiannya Henna adalah nama tumbuhan tertua yg digunakan sebagai kosmetik oleh manusia

sedangkan Mehndi adalah seni menghias tubuh dengan Henna , sama seperti seni lukis tato , bisa menggunakan pola apa saja yang readers inginkan tetapi tentu saja henna tidak menggunakan jarum sebagai media ukirnya ya biasanya henna dimasukan kedalam plastik kecil yang meruncing di ujungnya , jika ingin digunakan readers hanya perlu menggunting sedikit ujungnya dan siap mengukir di tangan ataupun kaki ya . henna pun tidak bersifat permanen , ia akan hilang dengan waktu tertentu seperti 1 minggu atau lebih lama . Jadi jangan sampai keliru ya readers .

Perkembangan Seni Henna di Dunia

Mengapa dikatakan sebagai kosmetik tertua didunia ? sebab henna telah digunakan lebih dari 5000 tahun yang lalu hingga sekarang loh readers . Kata Henna berasal dari bahasa Arab untuk tanaman Lawsonia Inermis ( tanaman Henna ) . Tanaman Henna sendiri mampu tumbuh sepanjang 4 sampai 6 kaki di negara yang cenderung memiliki iklim yang panas seperti Pakistan, India, Mesir, Afganistan, Iran, Palestina, Afrika, Suriah, Yaman, Uganda, Maroko, Senegal, Tanzania, dan Kenya.

Untuk sejarah penyebarannya ada Beberapa sejarawan berpendapat bahwa bangsa Mogul lah yg pertama kali memperkenalkan mehndi ke India namun ada juga sejarawan lain mengatakan bahwa asal mula mehndi adalah India, sedang yg lain mengatakan bahwa asal mula mehndi adalah Timur Tengah atau Afrika Utara. Jadi menurut readers yang mana yang lebih tepat ?

Di negara “ asalnya “ seperti India – negara-negara Arab dan Afrika, Henna sangat penting digunakan pada suatu acara pernikahan dimana tangan dan kaki sang mempelai akan dilukis sedemikian rupa dengan aneka motif yang indah . bukan semata hanya untuk pemanis sang pengantin namun melukis Henna pada tubuh pun dipercaya bertujuan untuk menangkal kejahatan dan gangguan nih, serta membawa nasib baik bagi pemakainya.

Itulah kenapa Henna biasa digunakan pada calon pengantin dan ibu hamil beberapa hari sebelum menikah dan melahirkan. Bila pada calon pengantin Henna dilukis pada bagian tangan dan kaki, maka pada ibu hamil Henna dilukis pada bagian perut atau dikenal dengan istilah Henna belly.

Motif Henna

Nah dibawah ini , ada beberapa motif – warna – makna yang tersirat dalam pemasangan henna ya readers , apa saja . semoga menginspirasi ya :

Motif Henna Simple

Gambar Motif sulur

Motif sulur henna tangan pengantin yang simple
motif sulur

Terlihat simpel namun tetap cantikkan readers . untuk readers yang kurang suka “ beramai – ramai “ dalam memasangkan mahendi di tangan maupun kaki motif ini bisa menjadi solusi nih . meskipun design nya terlihat simpel namun makna yang terkandung dalam motif ini sungguh luar biasa loh readers yakni doa bagi sang pengantin tentang usia pernikahan mereka , disini Tanaman merambat beserta daunnya yang lentik dan bunganya yang permai dipercaya melambangkan usia panjang pernikahan.

Motif Bulan

Motif ini sangat dalam maknanya readers ,selain cantik nan unik ada doa yang diselipkan , yakni harapan agar cepat diberi momongan. Namun jangan terlalu banyak berharap ya readers sebab semua tergantung pada apa yang kita usahakan .

Design Henna Cantik

Motif Air

Desain henna yang cantik motif air
Motif Air

berbentuk ombak atau gelombang-gelombang air memberikan harapan agar kelak si mempelai wanita bisa lebih mawas diri dan bersikap lebih fleksibel layaknya air kepada sang suami dan keluarga mertua.

Diantaranya juga air sebagai salah satu media pensuci yang diharapkan dapat mensucikan hati dan pikiran pengantin untuk memulai kehidupan yang baru yang akan dijalani .

Gambar Henna yang Elegan

Motif Bunga

Motif Bunga

Didalam seni ukir mahendi , motif henna dapat dijadikan 2 kategori yakni motif bungka yang masih kuncup dan motif bunga yang telah mekar . desain bunga merupakan harapan akan mekarnya kebahagiaan dalam suatu pernikahan.

Ditambah lagi, kuncup bunga merupakan sebuah perlambangan awal baru dalam hidup, yang mana layaknya sebuah tanaman yang dipupuk cinta, diharapkan tumbuh dengan penuh kesuburan dan kebahagian.

Motif Teratai

Mengapa motif ini dibedakan denganmotif bunga pada umumnya ya ? karena diberbagai negara di Asia termasuk Indonesia, bunga teratai adalah sebuah lambang kecantikan dan kesucianseorang wanita .

Digambarkan pada tangan, halini diharapkan sang wanita akan terlihat memukau dan suci di hari pernikahannya. Selain itu, desain bunga teratai juga dikatakan dapat membuka jiwa dan mata batin seseorang loh .

Warna Henna Tangan Pengantin yang simple

Henna Putih

Henna warna putih
Henna warna putih

Gold Henna/ Henna emas

henna gold/emas
henna gold/emas

Gambar Henna Biru

Henna warna biru

Contoh Henna merah marron

henna merah marron
henna merah marron

Foto Henna Hitam

Henna Hitam
Henna Hitam

Nah cantik – cantikkan readers , bisa di pakai seari – hari juga tidak mesti harus jadi pengantin dulu ya baru bisa menggunakan mahendi . mungkin readers bertanya – tanya nih , aman nggak sih menggunakan henna untuk kulit ? sebenarnya jika readers menggunakan henna dari bubuk alami atau langsung menumbuknya dari daun tanaman ini , maka henna yang readers gunakan tidak akan berbahaya meskipun kulit readerssangat sensitif.

nah yang perlu di perhatikan ialah jangan terlalu sering menggunakan henna dari bahan-bahan pewarna kimia yakni dapat menimbulkan iritasi . Lalu untuk readers yang muslimah bisa menggunakan henna untuk ibadahya , namun yang tidak di perbolehkan ialah henna yang berbentuk body painting seperti warna perak dan gold .

Tips agar henna tahan lama


Jika readers ingin mempertahankan henna yang ada di tubuh readers lebih lama , ada beberapa tips nih yang bisa readers terapkan agar henna tetap tahan lebih lama , Caranya adalah seperti ini :

  • Lapisi dengan Minyak
    Langkah pertama sebelum readersmengaplikasikan henna pada kulit, usahakan mengoles terlebih dahulu minyak pada area yang akan dilukis dengan henna. readers bisa saja menggunakan minyak sayur biasa dengan tujuan henna bisa meresap pada kulit ya .
  • Panaskan Suhu Kulit
    For your info nih readers , suhu kulit secara tidak langsung turut mempengaruhi berapa lamanya henna melekat pada kulit. Semakin tinggi suhu tubuh, henna akan semakin awet di kulit. readers tidak harus memanaskan suhu tubuh secara keseluruhan ya cukup menghangatkan suhu tangan saja. Caranya yaitu dengan membungkus tangan beberapa saat dengan tisu lalu dilapisi dengan plastik. Ingat, sebelum membungkus tangan, readers harus membuat desainnya terlebih dahulu.
  • Tambahkan Essential Oil pada Henna Bubuk
    apabila readers menggunakan henna bubuk, cobalah tambahkan essential oil agar warna yang dihasilkan lebih kuat dan tahan lama ya . Di samping itu juga , readers dapat menambahkan minyak kayu putih karena mengandung zat bernama terpinol yang punya kemampuan meningkatkan warna henna. Selain minyak kayu putih, bisa juga digantikan dengan minyak zaitun atau minyak lavender. Takarannya adalah 5 ml untuk setiap 10 gram henna bubuknya .

Cara Alami

  • Tambahkan Jeruk Nipis pada Pasta Henna
    Nah Jika henna yang readers gunakan berbentuk pasta, jangan lupa tambahkan jeruk nipis ya untuk mengeluarkan warnanya. Jeruk nipis juga membuat henna tahan lebih lama pada kulit loh .
  • Keringkan dengan Suhu Panas
    Henna akan tahan lebih lama apabila dikeringkan dengan suhu yang panas. Jadi setelah menggunakan henna, readers dapat menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan henna. Mintalabantuan kepadateman atau keluarga ya .
  • Minyaki Saat Mandi
    Pada umumnya, henna akan memudar secara perlahan jika terkena air. Saat mandi, henna kadang menjadi rusak dan pudar apalagi kalau kulit digosok dengan sangat kuat. Nah untuk mencegah hal ini, gunakanlah minyak sayur. Minyak bisa melindungi kulit dari air sehingga bisa mempertahankan henna pada kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak sayur menggunakan tissue sebelum mandi pada kulit yang ada henna.
  • Hindari Penggunaan Lotion dan Menggosok Kulit
    Saat kamu menggunakan lotion, sebaiknya gunakan secara lebih hati-hati ya karena lotion pun bisa memudarkan henna ya. Kalau bisa hindari dahulu pengguaan lotion untuk sementara waktu. Hal ini akan membantu membuat henna tahan lebih awet. Hindari juga menggosok kulit saat mandi agar henaa tidak terangkat ya .