AKSARA JAWA LENGKAP: 3 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan

Budaya indonesia sangatlah beraneka ragam ya readers, mulai dari bahasa, suku , kepercayaan dan masih banyak lagi. Salah satu pulau yang ada di Indonesia adalah pulau jawa yang memiliki kekayaan seni berupa aksara jawa. Berikut penjelasan lengkap tentang aksara jawa dan pasangannya.

Tentang Aksara Jawa

Aksara jawa ( Hanacaraka, dan secara resmi dikenal sebagai Déntawyanjana dan Carakan) adalah aksara tradisional Nusantara yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa dan sejumlah bahasa daerah Indonesia lainnya seperti Pulau Jawa, Makasar, Sunda, Melayu, dan Sasa . Tulisan tradisional ini ternyata berkerabat dekat dengan aksara Bali. Aksara Jawa adalah turunan dari jenis aksara Brahmi yang sangat populer di pulau jawa saat itu dan merupakan gabungan dari aksara Abugida dan juga aksara Kawi , mengapa demikian ? Sebab berdasarkan struktur dari tiap-tiap huruf, setidaknya mewakili dua buah dari abjad aksara di dalam bentuk huruf latinnya. Tulisan jawa ini berkembang sekitar abad 13-an nih readers , Namun mulai memudar ketika koloni Belanda memperkenalkan huruf latin kepada penduduk pribumi.

Dalam pelafalannya terdapat 34 aksara konsonan dan 11 aksara suara (vokal) dalam aksara Jawa (di luar aksara tambahan), namun sebagai catatan bahwa tidak semuanya digunakan dalam penulisan modern. Tabel berikut menunjukkan aksara Jawa dengan bunyi aslinya yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa Kuno dan Sanskerta dalam sistem IAST:

Tabel Aksara Jawa Kuno dan Sansekerta

aksara jawa
Tabel Aksara Jawa

Catatan:

  • Ḍa dan ṭa lebih umum ditulis dha dan tha. Penulisan ini digunakan untuk membedakan dha /ɖa/ dan tha /ʈa/ retrofleks dalam bahasa Jawa modern dengan dha /d̪ha/ dan /t̪ha/ teraspirasi dalam bahasa Jawa kuno.
  • Sebenarnya konsonan alveolar, tetapi diklasifikasikan sebagai dental (gigi).
  • Dapat dibaca tanpa bunyi /h/, misalnya (/ɔnɔ/, transliterasi: ana, arti: ada). Hanya berlaku dalam penulisan bahasa Jawa.
  • Ṅa digunakan untuk menulis /ŋa/ dalam bahasa Sanskerta, sementara nga dalam bahasa Jawa.
  • Ña digunakan untuk menulis /ɲa/ dalam bahasa Sanskerta, sementara nya dalam bahasa Jawa.
  • Ṛ dan ṝ digunakan untuk menulis bahasa Sanskerta. Dalam bahasa Jawa, hanya re yang digunakan.
  • Ḷ dan ḹ digunakan untuk menulis bahasa Sanskerta. Dalam bahasa Jawa, hanya le yang digunakan.

Makna Aksara Jawa

By The Way nih readers , ternyata menyebutkan aksara jawa itu tak sembarang ya , karena di setiap lafaz memiliki makna nah adapun makna dari aksara Jawa adalah sebagai berikut:

  • Ha adalah hana hurup wening suci yang arti dalam bahasa Indonesianya adalah adanya hidup merupakan kehendak dari Tuhan yang Maha Suci.
  • Na maknanya adalah Nur Candra atau warsitaning Candara yang artinya adalah pengharapan dari manusia yang selalu mengharapkan sinar dari Ilahi.
  • Ca merupakan cipta weding, cipta dadi, cipta mandulu yang artinya adalah suatu arah serta tujuan dari Sang Maga Tunggal.
  • Ra merupakan rasaingsun handulusih yang maknanya adalah cinta sejati yang muncul dari cinta kasih dalam nurani.
  • Ka merupakan karsaningsun memayuhayuning bawana yang maknanya adalah sebuah hasrat yang diarahkan untuk sebuah kesejahteraan alam.
  • Da merupakan dumadining Dzat kang tanpa winangenan yang artinya adalah menerima kehidupan ini dengan apa adanya.
  • Ta merupakan tatas, tutus, titis, titi lan wibawa yang artinya adalah sesuatu yang mendasar, totalitas, satu visi, ketelitian di dalam memandang sebuah hidup.
  • Sa merupakan suram ingsun handulu sifatullah yang artinya adalah pembentukan kasih sayang sebagaimana kasihnya Tuhan.
  • Wa merupakan wujud hana tan kena kinira yang artinya adalah ilmu manusia yang hanya terbatas akan tetapi untuk implementasinya sangat tidak terbatas.
  • La merupakan lir handaya paseban jati yang artinya adalah menjalankan hidup semata-mata hanya untuk memenuhi tuntutan dari Tuhan.
  • Pa merupakan papan kang tanpa kiblat yang artinya adalah hakihat Tuhan yang sejatinya ada tanpa arah.
  • Dha merupakan duwur wekasane endek wiwitane yang artinya adalah untuk bisa mencapai puncak harus dimulai dari dasarnya atau dari bawah terlebih dahulu .
  • Ja merupakan jumbuhing kawula lan gusti yang artinya adalah senantiasa berusaha untuk mendekati Tuhan dan memahami kehendak Tuhan.
  • Ya merupakan yakin marang sembarang tumindak kang dumadi yang maknanya adalah yakin terhadap ketetapan dan kudrat Ilahi.
  • Nya merupakan nyata tanpa mata, ngerti tanpa diuruki yang artinya adalah memahami sunnatullah atau kodrat dari kehidupan ini.
  • Ma merupakan madep mantep manembah maring Ilahi yang artinya adalah mantap di dalam menyembah Tuhan.
  • Ga merupakan guru sejati sing muruki yang artinya adalah pembelajaran kepada guru nurani.
  • Ba merupakan bayu sejati kang andalani yang artinya adalah menyelaraskan diri kepada gerak gerik dari alam.
  • Tha merupakan tukul saka niat yang artinya adalah segala sesuatu harus tumbuh dan diawali dengan niat.
  • Nga merupakan ngracut busananing manungso yang artinya adalah melepas ego pribadi pada manusia.

Bagian-bagian Aksara Jawa

Aksara Carakan

aksara jawa carakan

Aksara Carakan adalah aksara yang paling dasar untuk mempelajari aksara Jawa. aksara ini berguna untuk menuliskan kata-kata. Yang perlu readers ketahui adalah bahwasanya bentuk masing-masing dari aksara Carakan ini memiliki bentuk beserta pasangannya loh. Nah guna dari aksara pasangan itu sendiri adalah sebagai mematikan atau menghilangkan bentuk vokal dari aksara yang sebelumnya. Masih bingung maksudnya gimana ? langsung aja ya kita lihat contohnya di bawah ini :

Pasangan Aksara Carakan

Dalam pasangan aksara Carakan ini terbagi menjadi beberapa huruf yang saat ini dikenal sebagai Hanacaraka.

hanacaraka

Aksara pasangan ini biasanya akan digunakan untuk menulis bentuk suku kata yang di dalamnya tidak ada vokal ya readers . Contoh Penggunaan Pasangan Aksara Jawa.

contoh penulisan aksara jawa

Aksara Swara

aksara swara

Aksara swara yakni jenis aksara yang digunakan untuk menuliskan jenis huruf vokal yang berasal dari bentuk kata serapan dari bahasa asing supaya pelafalannya menjadi lebih tegas dan jelas.

Sandhangan Aksara Swara

swara

Sandangan adalah bentuk huruf vokal yang tidak mandiri dan digunakan ketika berada di bagian tengah dari kata. lalu di dalam sandangan akan dibedakan berdasar pada cara membacanya.

Untuk aksara Swara ini juga tidak sama dengan jenis aksara-aksara yang lain nih . Ia juga dilengkapi dengan pasangan. Aksara Swara juga memiliki beberapa aturan penulisan yang penting untuk diperhatikan. Berikut rinciannya:

  • Aksara Swara tidak bisa dijadikan sebagai bentuk aksara pasangan.
  • Apabila aksara Swara menemukan sigegan atau konsonan yang ada pada akhir suku kata yang sebelumnya, maka sigegan itu harus dimatikan dengan yang namanya pangkon.
  • Aksara Swara bisa diberikan suatu sandangan wignyan, cecak, wulu, suku, dan lain sebagainya.

Aksara Rekan

aksara rekan

Aksara rekan adalah aksara yang dalam ini banyak dipengaruhi oleh bahasa Arab , mengapa demikian ? sebab berbagai bentuk dari huruf yang tersedia dalam hanacaraka tidak bisa memenuhi keperluan penulisan dalam menulis sejumlah kata yang asalnya dari Negara lain nih readers . maka dari itu di buatlah aksara rekan . nah aksara Rekan sendiri merupakan jenis aksara yang bisa dipakai untuk penulisan huruf serapan yang asalnya adalah dari bahasa Arab. Misalnya saja huruf f, kh, dz dan lainnya.Aksara jenis ini dipakai untuk menuliskan konsonan yang terdapat pada kata-kata asing yang masih sesuai dengan bentuk aslinya.
Aksara Rekan terdapat dalam lima bentuk. Dan kesemuanya memiliki pasangan masing-masing ya . Adapun untuk aturan penulisannya juga berbeda dengan yang lain. Berikut penjelasannya

  • Tidak seluruh aksara Rekan yang ada memiliki pasangan. Pasangan dalam aksara ini hanyalah Fa dan yang lainnya tidak punya.
  • Aksara Rekan sejatinya dalam praktiknya bisa diberikan pasangan.
  • Aksara Rekan juga bisa diberikan sandhangan seperti aksara-aksara lain di dalam Hanacaraka.

Contoh Aksara Rekan

contoh aksara rekan

Aksara Murda

murda

Aksara Murda sejenis dengan huruf kapital di dalam jenis aksara Jawa. Aksara Murda ini secara khusus dipakai untuk menulis jenis huruf depan suatu nama orang, nama tempat, atau kata-kata lain yang awalnya memakai huruf kapital. Selain itu juga aksara murda kerap dipakai di awal sebuah kalimat atau awal sebuah paragraf.

Kegunaan utama dari aksara ini adalah untuk menuliskan nama gelar, nama orang, nama geografi, nama lembaga pemerintahan, serta nama lembaga yang berbadan , sebab kata-kata tersebut jika di dalam bahasa Indonesianya menggunakan huruf besar, maka dalam bahasa Jawa menggunakan aksara khusus yang dikenal dengan aksara Murda ini.

Contoh Aksara Murda

contoh murda

Untuk aturan penulisannya sendiri, aksara Murda ini sebenarnya hampir mirip dengan penulisan aksara pokok di dalam Carakan. Namun ada beberapa aturan tambahan dalam aksara ini , seperti :

  • Aksara Murda tidak bisa dijadikan sebagai sigeg atau yang biasa dikenal dengan konsonen penutup untuk jenis suku kata.
  • Apabila ditemui bentuk aksara Murda yang menjadi sigeg, maka harus dituliskan bentuk aksara pokoknya.
  • Jika di dalam satu suku kata atau kalimat terdapat lebih dari satu bentuk aksara Murda, maka terdapat dua aturan yang bisa dipakai. Yaitu dengan mencantumkan aksara murda untuk yang terdepan saja atau dengan menuliskan semua aksara Murda yang ditemui.

Aksara Wilangan

wilangan

Aksara wilangan atau yang biasa dikenal dengan bilangan ini merupakan sebuah aksara yang dipakai untuk menulis jenis angka di dalam aksara Jawa.Angka sendiri digunakan untuk menyatakan suatu lambang bilangan atau nomor. Angka di sini bisa berjenis ukuran, luas, berat, panjang, nilai uang, satuan waktu dan lain sebagainya. Berbagai jenis kuantitas penulisan angka ini dilakukan dengan mengapitkan tanda yang ada pada pangkat pada bagian awal serta akhir dari penulisan angka.Untuk penulisan satuan di dalam sebuah bilangan, satuan tersebut bisa ditulis di dalam bentuk kata lengkapnya. Misalnya saja kilometer, meter, kilogram dan lain sebagainya.

Tanda Baca Aksara Jawa

Tanda baca atau biasa dikenal pratandha dalam aksara Jawa sangat dibutuhkan untuk penulisan aksara Jawa. Nah Aksara Jawa sendiri juga memiliki beberapa macam bunyi yang berbeda saat diucapkan ya readers . Hal itu tergantung pada masing-masing kata yang ditulis memakai aksara tersebut.

Di dalam hanacaraka sendiri, ada beberapa tanda baca di dalam penulisan aksara tersebut. Di dalam perangkat lunak, ada empat buah tanda baca yang perlu diketahui.

  • Pada Adeg – adeg digunakan pada bagian depan kalimat di masing-masing alineanya.
  • Berikutnya pada adeg yang digunakan untuk menandakan bagian yang tertentu pada sebuah teks yang perlu untuk diperhatikan, untuk hal ini hampir sama dengan jenis tanda baca kurung.
  • Adapun pada lingsa sendiri digunakan di akhir bagian kalimat sebagai sebuah tanda intonasi yang masih setengah selesai. Tanda ini setara atau sesuai dengan tanda koma.
  • Selanjutnya adalah pada lungsi yang digunakan pada akhir sebuah kalimat. Tanda baca satu ini sangat setara dengan tanda titik.
  • Pada Pangkat ini memiliki beberapa fungsi di dalamnya. DI antaranya adalah untuk akhir pernyataan lengkap apabila diikuti dengan beberapa jenis rangkaian. Selain itu juga digunakan untuk pangkat yang mengapit suatu petikan langsung.

Tiga Kesalahan dalam Penulisan Aksara Jawa

Kesalahan Penulisan Pasangan

Kesalahan penulisan pasangan terjadi karena belum memahami letak huruf pasangan yang tepat. Sehingga terjadi kesalahan dalam penullisan hingga bunyinya.

Kesalahan Penulisan Sandhangan

Kesalahan penulisan sandhangan terjadi karena banyakorang yang belum sepnuhnya dapat membedakan antara swara dan sandhangan. Selain itu, sandhangan biasnya ditulisa ditengah kata, sehingga tidak mudah dalam menempatkannya.

Kesalahan Penulisan Tanda Baca

Kesalahan penulisan tanda baca dalam aksara jawa sering terjadi, karena kurangnya pemahaman mengenai fungsi dan letaknya. Sehingga terjadi banyak kekeliruan dalam penulisan taksara jawa.

Update Status Whatsapp Unik Keren dan Kekinian Terbaru 2020

status whatsapp unik keren

Dijaman serba digital ini , sudah banyak banget aplikasi – aplikasi yang mempermudah dikehidupan sehari – hari . Jika tempo dulu hanya ada telpon dan SMS , kemudian berkembang merambat ke era yang sedikit modern yakni BBM , Facebook , dan twitter . namun kini , aplikasi digital seakan tidak mau hanya berjalan di tempat ya readers . buktinya , sudah sangat banyak aplikasi yang diluncurkan dengan berbasis “ chating “ didalam smartphone nih , seperti WA, KakaoTalk , Wechat,Line dan tentu saja masih banyak lagi ya readers . Namun , mungkin mayoritas penduduk indonesia sepertinya lebih nyaman menggunakan WA ( whatsApp) ya readers. Karena whatsapp sangat populer di kalangan masyarakat, maka banyak orang yang senang update status whatsapp unik keren.

Tentang Whatsaap

Siapa sih yang akan menyangka jika pendiri di balik layar WA ini adalah mantan karyawan di Yahoo! ? ya , mereka adalah Brian Acton dan Jan Koum. Aplikasi berbasis chating di smartphone ini pertama kali diluncurkan pada November 2009, tentu saja telah melewati beberapa tahap pengujian nih readers . awalnya aplikasi ini hanya di peruntukan oleh pengguna Iphone , namun seiring berjalannya waktu peminat WA ternyata menjadi sangat meledak , terutama untuk pemakai smartphone. hingga akhir 2019 lalu , pengguna aplikasi ini dihgadang – gadang digunakan oleh 1,5 miliar pengguna diseluruh dunia . WOW ! Yang tak kalah mencengkan adalah anya dalam 6 tahun berdiri hingga per September 2015, 900 juta orang di klaim secara aktif menggunakan WhatsApp.

Untuk readers yang masih belum mengerti “ mengapa orang sangat mencintai aplikasi ini “ ada penjelasannya kok , sebenarnya WA ini bukan hanya sekedar aplikasi chating ya , di lain hal itu , Wa memiliki keunggulan yang menjadi primadona nih readers seperti : sebenarnya WhatsApp hampir sama dengan SMS yang biasa readers gunakan di ponsel lama. Namun WhatsApp tentulah tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet. Tidak ada halangan sebatas mana readers bisamenuliskan pesan yang akan readers kirim sebab pesan tersebut tidak akan terpotong / hilang layaknya SMS ya , namun yang harus readers perhatikan adalah data internet yang readers gunakan nih . WA bisa menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data.

Fitur Whatsapp

Lebih dari itu , ternyata WA juga menyiapkan beberapa fitur unggulan yang dapat readers gunakan diaplikasi ini , seperti :

  1. Mengirim pesan teks kepada sesama pengguna aplikasi WA
  2. Readers juga bisa Mengirim foto dari galeri ataupun dari kamera secara langsung
  3. Mengirim video
  4. Mengirimkan berkas-berkas kantor atau yang lainnya
  5. Menelpon melalui suara, video call dan termasuk mengirim pesan suara yang dapat didengarkan oleh penerima setiap saat.
  6. Bisa juga berbagi lokasi memanfaatkan GPS
  7. Mengirimkan kartu kontak
  8. WhatsApp juga mendukung pengguna dengan beberapa emoji, namun untuk stiker, WhatsApp tergolong minimalis. Sangat berbeda jauh dengan LINE yang lebih signifikan mengembangkannnya.
  9. Di WhatsApp, pengguna juga dapat mengatur profilnya sendiri, yang terdiri dari nama, foto, status serta beberapa alat pengaturan privasi untuk melindungi profil dan juga alat bantuan untuk membackup pesan, mengubah nomor akun dan melakukan pembayaran .

Cara Install Aplikasi Whatsapp

Nah jika readers tertarik dengan aplikasi WA ini , readers tentu saja dapat mengunduhnya secara gratis di di App Store maupun di Google Play ya . jangan lupa nih readers aplikasi ini turut menggunakan nomor telepon ponsel yang kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna WhatsApp. Aplikasi ini menggunakan fitur push sehingga readers dapat selalu memberitahukan pesan yang sedang diterima.wahh canggih ya .

Cara Update Status Whatsapp

Ngomongin tentang fitur yang disediakan oleh WA , ada fitur yang lumayan menarik nih yakni fitur status . disini , readers bebas mengungkapkan dan berbagi apa saja kepada teman kotak WA readers nih , disinireaders tidak perlu memberikannya pada satuper satu kontak ya , sebab ketika readers membagikan status ini secara otomatis akan masuk kedaftar status teman readers . Nah dalam sistemnya untuk menghantar dan menerima status pada teman kontak , kalian berdua harus menyimpan nomor telpon masing-masing pada buku alamat telefon ya .
Status bisa berupa tulisan , video, foto bahkan gif ya. nah adapun beberapa cara yang bisa readers gunakan dalam menyebarkan status ini adalah :

  1. Ketik tab STATUS.
  2. Ketik icon berbentuk pensil
    Teks untuk menggubah status bertulis. Readers bisa mengetik Emoji untuk menambah emoji atau GIF, T untuk memilih font atau Warna untuk memilih warna latar belakang.
  3. Kamera atau Status saya untuk mengambil foto, merakam video atau GIF atau memilih foto, video atau GIF sedia ada daripada pemilih. reader juga boleh menambah caption atau mengedit foto, video atau GIF.
  4. Ketik kirim .
    Sebagai alternatif, boleh mencipta dan mengirim status berbentuk gambar, video atau GIF dengan pergi ke tab SEMBANG, kemudian mengetik Kamera .
    Gitu ya readers , cukup mudahkan dalam mengaplikasikan fitur ini ? sebenarnya banyak yang menjadikan fitur status ini sebagai ajang pencurahan emosi diri ya readers , hehe .

Status Whatsapp Unik Keren

Selesai dengan pembahasan fitur nya , sekarang marikita kembali ke poin utama ya , yakni “ status WA yang keren dan kekinian” . Hayo mana nih anak jaman now yang kekinian dan hits abis ? coba lihatstatus apa saja yang sudah readers bagikan hari ini ? kegalauankah ? kegembiraankah ? ke-riya-an-kah? Atau yang lain , hehehe . daripada seudzon , mending kitalihat kuy status apasaja yang keren dan kekinian yang bisa jadi referensi readers ya , kuyyy here we go :

Status Whatsapp Unik Keren Part 1

  1. “Cari istri itu nggak harus cantik , yang penting perempuan. Kalau mau yang cantik banci thailand juara loh ”
  2. “ Jangan pernah banget sampai cewek bilang terserah,karena itu berarti kamu lagi bunuh diri ”
  3. “ kamu enak jelek , jadi ada alasan kalau ditanya kenapa masih jomblo , nah aku mau jawab apa ? “
  4. “sebenarnya pacar orang adalah pacar kita juga karena kita adalah orang , benarkan ? ”
  5. “ ngapain mikirin hutang ? hutang itu jangan di fikirin , tapi dilunasin “
  6. “ mendung belum tentu hujan, pdkt belum tentu jadian , kalem-kalem aja ya “
  7. ” hukuman gantung aja bisa diganti dengan hukum tembak, lah kamu kenapa kamu masih gantung aku? tembak dong “
  8. “ teruntuk kasurku tersayang, tolong jangan terlalu posesif ya , aku ada meeting pagi ini “
  9. “cowok romantis tuh sukanya tiba tiba… tiba-tiba kasih bunga, tiba-tiba kasih kado, tiba-tiba kasih cincin, tiba-tiba ilang ilang dimakan kalong “
  10. “Gak pake sandal “kaki ayam”, tulisan jelek “cakar ayam”, barang murah “cap ayam”, tidur gak nyenyak “tidur ayam”, semangat menurun “hangat-hangat tahi ayam”. Ayam salah apa ?”

Status Whatsapp Unik Keren Part 2

  1. ” Jangan lupa sarapan ya karena pura-pura bahagia itu perlu energi yang besar . “
  2. ” jika dengan menyakitiku kamu dapat duit banyak , maka lakukanlah . hasilnya 50 : 50 ya “
  3. ” Pria sejati bukan dia yang punya segalanya tapi segalanya yang dia miliki adalah hasil keringat dia sendiri. Bukan hasil nangis guling – guling di depan ortunya ”
  4. “ jangan pernah malu terlahir menjadi orang miskin , tapi malulah ketika tua namun tetap miskin “
  5. “Setiap tamu itu pasti akan pulang, cepat atau lambat dan pinjamannya harus dikembalikan. Ya kali tau diri ”
  6. “Hujan dikit ingat mantan, hujan dikit ingat mantan, mantanmu ojek payung ? “
  7. “ kamu itu labil kayak tomat , binggung masukin kamu itu jenis buah atau sayuran “
  8. “ kalau jatuh bangun dong , mau rebahan aja ? “
  9. “Kangen sama mantan itu kaya pengen ngerokok di pom bensin, pengen banget tapi gak boleh.”
  10. “Cobalah untuk mengatakan huruf M tanpa menyentuh bibir Anda”

Status Whatsapp Unik Keren Part 3

  1. ” kalau kamu mengajukan harta sebagai modal untuk memenangkan cinta seorang wanita, maka bersiaplah yang kau dapat adalah kekasih yang tinggi biaya jajannya “
  2. “Banyak yang gagal dalam hidup adalah, karena orang-orang yang tidak menyadari seberapa dekat mereka dengan kesuksesan ketika mereka memutuskan untuk menyerah “
  3. ” Berjagalah untuk yang terburuk, berharaplah untuk yang terbaik, dan terimalah apa yang datang.”
  4. ” Apapun yang telah kamu lakukan, apapun kesalahanmu, kamu akan selalu menemukan sebuah kata maaf di hati seorang ibu.”
  5. “Lihat langit, itulah ciptaan Tuhan. Lihat pemandangan, itulah karya Tuhan. Dan lihatlah cermin, itulah kutukan Tuhan.”
  6. “ DPR emang wakil rakyat! Rakyat mau makan enak, duit banyak, pelesiran semua diwakilin sama DPR, rakyatnya cuma nonton TV. Sungguh kerja sama yang baik”
  7. “Berhentilah menimba ilmu, karena ilmu itu tidak ada dalam sumur.”
  8. “erdasarkan survei asal-asalan, Indonesia mengalami 3 musim: 1. Musim hujan 2. Musim kemarau 3. Musim putus ( biasanya menjelang UN nih )”
  9. ” Sejak kenal kamu, bawaan nya pengen belajar terus deh. Belajar jadi yang terbaik buat kamu. Aelahhhh “
  10. “ hidup tanpa tujuan itu seperti mau eektapi nggak nemuin wc “

Status Whatsapp Unik Keren Part 4

  1. ” Jangan hanya lihat cintaku dari mataku, tapi rasakan dari hatiku yang paling dalam ini. Letakkan tanganmu di dadaku, maka kamu akan merasakannya.”
  2. Tiada kata yg bisa menafsirkan keindahan alam di atas ketinggian, tiada pula kata yg bisa menafsirkan kedalaman cinta dalam hati.
  3. Kamu tak dapat mengubah seseorang, tapi kamu dapat menjadi penyebab berubahnya seseorang.
  4. Aku pernah perpikir aku tak akan bisa mewujudkan impian ku, tapi pikiran itu sekejab hilang sejak kamu ada dalam hati ku.
  5. sandal yo sandal, Pare yo pare, Ninggal yo ninggal tapi ojo pas sayang-sayangesurya yo surya, Malboro Yo malboro, Cinta yo cinta, Tapi ojo mok bagi loro
  6. Uripmu ruwet koyok OREO. Panganan kari nguntal ae dadak diputer,dijilat,dicelupin barang
  7. Wong jowo, wong sunda, wong betawi bakale kalah karo sik jenenge wong ketelu
  8. Ada tanah untuk yang hidup, dan ada tanah untuk yang mati. Dan cinta… adalah jembatannya.
  9. Jomblo tidak harus malu, jomblo bukan berarti tidak laku, tapi memang tidak ada yang mau.
  10. Pepatah bijak berkata tidak akan pernah ada kata terlambat untuk belajar. Berarti belajar mencintai pacar orang juga masih bisa.

Status Whatsapp Unik Keren Part 5

  1. Pendidikan adalah Pintu Kesuksesan. Mencontek adalah Kuncinya.
  2. Belajar dari bulu ketek, walaupun selalu terhimpit tapi tetap tegar bertahan dan tetap tumbuh.
  3. Mencintai kamu itu wajar, yang gak wajar mencintai bapakmu.
  4. Jodoh emang gak kemana tapi saingan dimana mana.
  5. Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan jika dibawa
  6. MANGGIS: Mantan Ngenei undangan aku nangis
  7. Resiko dadi wong keren Mben tuku pulsa mesti dijaluki nomer
  8. Fokusnya sama yang di depan aja biar jelas masa depanmu
  9. Jangan sok- sokan yang suka pamerin foto sama pacar, masih pacar kan?
  10. Bisumu menjadikan jiwaku runtuh luluh latah tak berdaya, bagaikan badai yang membawa pasir pantai hingga harus hanyut kedalam samudera nya.

Status Whatsapp Unik Keren Terbaru

  1. Menjadi penuntut keharuan, dengan kepiluan hanya karena mu aku mampu melepas waktu.
  2. Aku itu orangnya pendiem , nggak percaya ? coba deh kasih duit
  3. saya ingin seseorang untuk memberikan pelukan dan kemudian tanpa pernah meninggalkan saya sendirian
  4. Jika waktu tidak menunggu untuk Anda, jangan khawatir. Hanya lepaskan baterai dari jam dan menikmati hidup.
  5. Aku tengah sengaja masuk dalam jurang yang curam. Karena itupun tak kan pernah berarti untukmu, semakin aku jatuh dalam perasaan kau tak kan pernah menyadari itu.
  6. Hidup tidak akan semudah angan – angan
  7. Tidak ada hidup tanpa adanya perjuangan
  8. Orang malas bukanlah orang yang bersiap menjemput kesuksesan
  9. Masa depanmu tergantung pada mimpimu. maka perbanyaklah tidur.
  10. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda dan kebohongan adlah kejujuran yang tertunda.
  11. Gajian itu kayak mantan, ditunggu-tunggu datang tapi kalo lewat cuma sebentar saja.
  12. Cinta itu buta. Tapi cinta itu tahu mana mobil mana motor.
  13. Ketemuan di twitter, jadian di Fb, pacaran di BBM, putus di WA, Itu pacaran apa olshop.
  14. Jangan takut melangkah, kecuali ada kendaraan lewat di depanmu.
  15. Banyak masalah menjadikan kita dewasa. Maka, jadilah orang yang bermasalah.
  16. Ganteng atau jelek itu tergantung dari lingkungan, misalnya disini kamu jelek, tapi mungkin di zimbabwe bisa jadi kamu yang paling ganteng.
  17. saya menjadi apa yang selalu kamu benci, dan aku telah menjadi apa yang aku selalu cintai.
  18. Dear Mantan, Hidup tanpa kamu jauh lebih mudah daripada hidup tanpa HP
  19. Tidak pernah terpikirkan olehku bagaimana aku bisa melupakanmu. Saat ku tertidur lelap, kau selalu membelaiku lembut. Deru nafasmu terdengar ditelingaku sejuk seperti angin yang berhembus ke utara. Tak pernah terbayang aku hidup tanpamu, wahai kipas anginku.
  20. Jangan sedih ketika sendiri , matahari aja sendiri tapi tetap menyinari kok .
  21. Pakai uang mu dulu nanti aku ganti , kata – kata terlucu disepanjang hidupku
  22. Setinggi-tingginya bangau terbang akhirnya akan jeadi kecap juga. Ya sudahlah ya
  23. Jika dipanggil say, pastikan bahwa itu artinya sayang bukan saython.
  24. uang memang tak menjamin kebahagiaan seseorang tapi tak memiliki uang lebih tidak terjamin lagi.
  25. Kalau nggak ada uang itu jangankan teman , tuyul aja lari pas deket sama aku
  26. Kalau dikatain ciptaan Tuhan yang paling jelek itu tidak apa-apa, daripada dia yang cakep ciptaan kamera filter.
  27. Hapis putus, musuhan. Kalau gak musuhan, ya kaya orang gak pernal gitu, padahal pernah saling membahagiakan
  28. Nyantai dulu ah kerja terus bikin cepat kaya, gak enak sama yang lain.
  29. Bila anda gagal dalam suatu urusan, jangan pernah menyerah. Ulang terus kegagalan anda sampai bos anda yang menyerah terhadap anda.
  30. Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan buat mengenal dia yang tidak bisa menghargaimu. Jika dia hanya bisa memberimu luka, lebih baik tumpuk saja dia dengan bata . simpel kan
  31. Jika bersama denganmu aku akan terus berjuang, meskipun aku bernapas tanpa kepastian
  32. Aku bilang selamat tinggal, kamu bilang sampai jumpa, bahkan ketika kamu belum benar – benar pergi aku sudah merindukanmu lagi
  33. Aku dimatamu itu kayak butiran rinso anti noda, sekali kucek langsung hilang.
  34. Manusia boleh berencana tapi saldo juga yang menentukan , jadi pastikan saldomu cukup bro
  35. Cuek itu bawaan, nyuekin itu sengaja.
  36. Wanita selalu mendambakan pria baik: Baik yang kasih uang bulanan, Baik yang ngasih scincare mahal.
  37. Ketika aku sudah mulai diam, berarti aku ketiduran.
  38. Ingat, BPJS tidak menanggung sakit karena cinta, dan TIM SAR tidak akan mencari jodoh yang belum ditemukan.
  39. Entah kenapa aku gak pernah bosan tarik nafas.
  40. Terkadang jengkel lihat foto KTP sendiri. Udah jelek, seumur hidup lagi.
  41. Masih dalam kondisi Strong (Stres tak tertolong).
  42. Kehidupan itu seperti pipis disekolah renang, terkadang kita perlu berbagi kehangatan pada orang lain.
  43. Kamu gak fokus bukan karena butuh aqua tapi butuh aqu.
  44. Mandi itu soal pilihan ganda, cukup pilih salah satu pagi sore malam atau semuanya salah
  45. Debat lawan cewek jangankan bisa menang. Bisa draw aja udah syukur
  46. Waktu masih pacaran bebi-bebi-an. Giliran udah putus malah babi -babi-an
  47. Bukan ragamu yang membuatku berhenti tapi ragumu .
  48. Jika kamu mulai membenci dirimu sendiri, ingatlah bahwa kamu tak sendirian. Banyak yang benci kamu juga maksudnya.
  49. Kalau ngomong jangan tinggi tinggi. Nanti mulutmu kesamber pesawat.
  50. Hati hati yang suka nulis status “otw”. Siapa tahu begal baca.

Dago Dream Park Harga Tiket dan Wahana Terbaru 2020

Review wisata dago dream park bandung, update harga tiket terbaru 2020, daftar wahana dan permainan, paket makanan, dan hotel.

Dago Dream Park Bandung malam hari
Dago Dream Park Bandung malam hari

Pernah bermain ke dago dream park bersama keluarga? Meskipun usianya terbilang masih “ seumur jagung “ karena baru dibuka pada juli 2016, namun dago dream park sudah sangat populer di tengah-tengah masyarakat bandung bahkan sampai keluar kota. Dago dream park sendiri sudah bisa menunjukan eksistensinya melalui beberapa fasilitas yang bisa memanjakan readers nih. Waah ,bisa jadi alternatif ya jika readers ingin pergi bermain bersama keluarga namun waktu tidak bersahabat .

Alamat Dago DreamPark

Dago dream park merupakan salah satu wisata di bandung , tepatnya di Jl. Dago Giri KM 2.2, Mekarwangi, Pagerwangi, Bandung. Lokasinya pun sangat mudah di jangkau meskipun menggunakan kendaraan pribadi maupun umum nih readers. Sekitar kurang lebih 500 meter setelah terminal dago, terdapat jalan bercabang ; antara jalur kiri dan kanan ,  Ambillah jalan yang ke arah kiri, selanjutnya ikuti saja. Tidak begitu jauh, kurang lebih 2 KM dari sini nanti readers pun akan menemukan gerbang masuk ke kawasan Dago Dream Park Bandung. Jika readers masih merasa kesulitan ,tidak ada salahnya jika readers bertanya pada masyarakat sekitar maupun menggunakan jasa google maps ya, hehe .

Setelah sampai di Dago Dream Park ,readers dan sekeluarga akan di sambut oleh beberapa wahana yang sangat menyenangkan , berdiri di atas lahan seluas ± 13 Hektar membuat tempat wisata ini selalu ramai di kunjungi bukan hanya karena wahana yang menyenangkan tapi dago dream park juga menghadirkan suasana alam pegunungan yang eksotik yang menjadi ciri khas kota bandung nih readers . Selain itu, Dago Dream Park juga memberikan pelayanan yang menarik bagi pengunjungnya, yaitu mereka turut menghadirkan inovasi wahana bermain dan selfie paling kekinian yang instagramable disertai wahana berbasis teknologi visual & VR. Kerenkan. Bagaimana? jadi penasaran kan apa saja wahana yang telah disediakan oleh dago dream park ini , langsung aja ya check this out :

Wahana di Dago Dream Park

WAHANA DREAM BATTLE Dago Dream Park

Wahana dream battle cocok untuk readers yang ingin mengasah uji konsentrasi, fokus dan mengatur strategi peperangan seperti aslinya. Karena, di wahana dream battle readers bisa masuk ke wahana dream battle untuk bermain panahan , paintbal serta bisa menjadi agen loh. Menarik bukan?

ARCHERY

Di Archery , readers akan bermain menggunakan panah dengan busur asli layaknya sedang mengikuti game permainan Archery War Battle Games. Dalam Sekali permainan, readers akan mendapatkan jatah sepuluh anak busur untuk dimainkan. Cara bermainnya cukup mudah, yakni readers ditantang memanah target dengan jarak hanya sekitar 5m menuju sasaran. Tidak ada batasan usia untuk permainan arcery ini, baik anak-anak maupun orang dewasa bisa menikmati permainan ini. Selama permainan pun readers akan di dampingi oleh guide-nya, jadi jangan takut salah sasaran .

PAINT BALL

Ada yang pernah memainkan paint ball? Untuk readers yang suka main games ini di PC, di wahana paint ball dago dream park, readers bisa memainkannya secara langsung. Inilah wahana permainan paint ball di dago dream park yang menawarkan sensasi perang – perangan dan adu strategi yang ala-ala tentara readers. Disini readers ditantang untuk berkerja sama dalam “menghabisi” pihak lawan. Bagaimana readers? Seru ya kedengarannya? tertarik untuk mencoba ?

AGEN JON WIK

Agen Jon Wik merupakan wahana di dago dream park yang disediakan oleh pengelola bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi belajar menembak.

HARGA TIKET WAHANA DREAM BATTLE DAGO DREAM PARK

Wahana Harga Fasilitas
Archery 35.000 1 tiket untuk 10 anak panah
Umur Min. : 12 Tahun
Painball Umur min. : 15 tahun
Harus Mengikuti Peraturan Dari Instruktur, Harus Memakai Peralatan Yang telah Sediakan
Agen Jon Wik Umur Min. : 10 Tahun
Wajib Pakai Peralatan Tersedia
Wajib Ikuti Peraturan Permainan
Wajib Ikuti Aturan Dari Instruktur

WAHANA EXTREME RIDE Dago Dream Park

Jangan lupa merasakan petualangan menjajal uji nyali dengan menaiki wahana – wahana dago dream park bandung yang ektrem di atas ketinggian namun instagenic. Wajib banget dicoba kalau sudah sampai disini nih readers. adapun beberapa wahana sebagai brkt :

ALADIN CARPET

Karpet aladin sendiri pernah beberapa kali menghiasi timeline di media sosial seperti instagram , facebook , dll. Ketika menaiki wahana ini , readers akan dihiasi oleh Perasaan tegang bercampur rasa senang saat duduk di atas karpet dengan latar hutan pohon pinus yang hijau di bawahnya pasti luar biasa .

Readers tidak usah takut menaiki karpet terbang ini, karena keamanannya terjaga. Ada petugas yang akan siap mendampingi readers selama menaiki wahana ini. Pengunjung akan dikaitkan dengan tali yang sangat kuat dan juga dilengkapi pelindung kepala helm serta pengait yang akan diikatkan di pinggang.

Jika ingin mengambil foto wahana ini, readers tinggal berhenti di tengah lintasan tali dan nanti ada seorang fotografer akan membantu mengambil foto. Hasil fotonya akan langsung diedit dan dicetak dengan tali pengaman yang telah dihilangkan sehingga foto akan tampak seperti terbang. Wahhh aladin siap menjemput jasmine malam mingguan nih. Kereeeen.

SKY BIKE

Sky bike adalah wahana photo extreme naik sepeda tergantung di Dago Dreampark yang siap untuk membuat jantung readers deg–degan saat berphoto. Pada wahana ini pengunjung akan menaiki sepeda dengan jalur berupa seutas tali, sehingga tampak terbang di udara.

Perasaan khawatir dan takut dengan ketinggian adalah masalah yang pasti akan muncul sesaat sebelum readers menaikinya. Meskipun terkesan sangat ekstrim , jika sudah dinaiki , wahana ini malah terasa menyenangkan , seolah mengendarai sepeda di atas awan ditemani oleh hamparan pohon , indahnya.

Ketika sudah berada di tengah , berhentilah sebentar untuk di bagian melakukan sesi foto yang keren terlebih dahulu. Patut dicoba untuk memperbaruhi foto di instastory. hehehehe.

PIRATES SHIP

Lanjut wahana menegengkan selanjutnya ,Inilah wahan uji nyali yang bisa membuat perut berasa tidak karuan, jantung berdegup kencang , dan terasa terbang melayang , ialah si Perahu Kora – Kora.Wahana Pirate’s ship di perahu kora – kora ini bisa dinaiki sebanyak 15 orang sekaligus, dan dengan usia pengunjung minimal berusia 12 tahun saja. Perahu ini sangat menguji nyali bahkan unutk melampiaskan stres pun bisa melalui perahu kora-kora ini tak jarang readers akan mendengar jeritan “ kehancuran “ dari para pengunjung kora-kora ini , wah berani nggak nih ?

VESPA IN LOVE

Hayukkk yang mau romantis-romantisan ala vintage , bisa mencoba wahana yang satu ini ya . wahana ini yang paling viral sejagat Instagram loh dan menawarkan sensasi instagenic berphoto ria bersama pasangan di atas vespa tergantung . dan yang paling penting nggak usah khawatir ya sebab disini sudah dipenuhi dengan pengamanan yang aman untuk readers gunakan .

GIANT ELLA

Kuy lah yang hobi banget berburu background unik nan menarik unutk menghiasi laman medsos readers , jangan ketinggalan dengan wahana giant ella . inilah wahana photo extreme di Dago Dreampark yang menawarkan sensasi duduk di atas payung raksasa di ketinggian tentunya ditemani oleh semilir kabut dan berbagai jenis pohon hijau yang pasti membuat foto readers semakin cantik dan kece badai .

PARAGLIDING

Nah kalau ini tak kalah menantang dari wahana sebelumnya nih. Paragliding ini adalah salah satu wahana di Dago Dreampark yang menawarkan sensasi terbang dengan parasut nyata seperti aslinya. Tetunya readers akan menaiki bukit terlebih dahulu , lalu dengan mengikuti instruktur dari sang ahli tersebut , readers akan terbang melintasi hutan yang sejuk dan panorama yang membuat readers ketagihan menaiki wahana ini .

SKY GLIDING (FLYING FOX)

Nah kalau wahana ini siapa sih yang nggak pernah coba ? flying fox adalah salah satu wahana extreme di Dago Dreampark berupa terjun meluncur dari atas ke bawah dengan kecepatan maksimal. Nah kebayangkan readers gimana kondisi jantung saat menaiki wana ini?

HARGA WAHANA EXTREME RIDE DAGO DREAM PARK

Wahana Harga * Note
Aladin Karpet 30.000 Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Ketinggian : 8 Meter
Umur Min. : 12 Tahun
Berat Max. : 120 Kg
Sky Bike 30.000 Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Ketinggian : 10 Meter
Umur Min. : 12 Tahun
Berat Max. : 80 Kg
Pirates Ship 20.000 Jumlah : 15 Orang
Umur Min. : 12 Tahun
Vespa In Love 20.000 Max: 2 Orang
Ketinggian : 4 Meter
Umur Min. : 5 Tahun
Berat Max. : 200 Kg
Giant Ella 20.000 Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Ketinggian : 20 Meter
Umur Min. : 12 Tahun
Berat Max. : 70 Kg
Paragliding 30.000 Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Ketinggian : 20 Meter
Umur Min. : 12 Tahun
Berat Max. : 80 Kg
Sky Gliding ( Flying Fox ) 30.000 1 tiket untuk 1 orang
Umur Min. : 5 Tahun
Berat badan min 30 kg max 100 kg

WAHANA FAMILY ARENA Dago Dream Park

Nah disini jika readers tidak ingin menguji nyali dan melatih konsentrasi , readers bisa kok merasakan quality time bersama anak – anak dan keluarga . wahana family areana ini sangat asyik dan sangat menyenangkan dengan tersedianya beragam permainan yang santai untuk keluarga mainkan . nggak usah capek-capek menguras tenaga nih readers . ada beberapa wahana yang disiapkan oleh dago dream park khusus untuk readers yang akan menghabiskan waktu bersama keluarga , yakni :

GEARED UP

Nah jika anak readers berusia minimal 5 tahun bisa loh menaiki wahana yang menarik dan seru di Dago Dream park ini, dengan fasilitas aman dan menantang wahana geared up di kawasan Dago Dreampark ini sangat mudah dimainkan oleh anak-anak , nah readers tinggal cari areal dimana ada sepeda – sepeda tergantung di atas diantara pohon pinus.jenis kendaraan yang terdapat di wahana ini antara lain ada sepeda, kemudian becak mini serta Otoped, dengan durasi waktu bermain mulai dari 15 – 30 menit. Selain bermain anak-anak pun bisa menemukan teman baru disini .

PINE HOUSE

wahana permainan untuk anak – anak di Dago Dream Park ini sedikit menyerupai Fun Stasiun Bandung yang seru loh , ada perosotam, sepeda , dll

ROW A BOAT

Ingin santai di tenga danau yang tenang bersama keluarga? Nah row a boat bisa menjadi sala satu pilihan nih setelah lelah menjelajahi dago dream park ini . wahana yang asyik ini sangat mudah dimainkan yakni readers cukup naik perahu yang berada di danau dan mengayuh dengan santai menikmati suasana sejuk kota bandung . dijamin deh akan membuat putra – putri anda betah berlama – lama tinggal di Dago Dream Park . nggak mau pulang .

ATV

ATV menjadi salah satu wahana favorit sejumlah keluarga ya . wahana permainan petualangan di atas kendaraan bermotor beroda tiga yang nyaman dan aman untuk berkeliling areal dago dream park. Lalu Rasakan keseruan naik kendaraan bermotor yang memiliki kecepatan hingga 125 cc, dan dengan kecepatan itu digunakan untuk menaklukan medan tantangan track sejauh 200m yang terdiri dari 4 lap.tidak semua pengunjung bisa bermain ATV di Dago Dreampark, namun hanya pengunjung berusia minimal 12 tahun dan memiliki berat maksimal 80 kg yang bisa bermain wahana atv ini. Wah jadi yang agak gendut tahan dulu ya untuk bermain wahana ATV ini .

KAMPUNG DAYANG SUMBI

Wahana ini masih terbilang baru di wahana family arena . berupa miniatur desa wisata seni dan budaya tradisional jawa barat seperti di Saung Angklung Udjo dan Kampung Adat Cikondang.Nah nama wahana baru tersebut adalah Ethnic Village – Kampoeng Dayang Sumbi.Namanya yang unik tentu saja diambil dari Cerita Rakyat Gunung Tangkuban Perahu yang telah mendarah daging di masyarakat bandung , yaitu ibunda Sangkuriang, Dayang Sumbi.

Terdapatnya konsep 20 bangunan rumah dengan model bangunan seperti di Kampung Naga . dibangunnya 20 bangunan rumah tradisional khas sunda ini bukan digunakan sebagai salah satu Tempat Penginapan seperti Villa di lembang ya ,Akan tetapi diperuntukan sebagai lokasi tempat kuliner serta spot menarik tempat berfoto di Dago Dream Park Bandung.Harga Tiket Masuk Wahana Baru Kampoeng Dayang Sumbi di Dago Dream Park adalah Rp.20.000/orang.

ANTI GRAVITY

Namanya agak unik ya , Nah konsep yang digunakan oleh dago dream park ini juga hampir sama dengan rumah terbalik di Batu , Malang . namun tidak harus pergi kemalang ya untuk bisa menikmati konsep rumah terbalik ini , karena kabar baiknya untuk readers yang mau liburan ke sini, ternyata dago Dream Park jua mempunyai wahana permainan seperti itu, meski sedikit berbeda tema ya.

Namana wahananya adalah Anti gravity, yaitu rumah Jawa yang bernama Joglo. Rumah ini sangat menarik nih karena memiliki posisi yang terbalik.Topeng wayang memberikan kesan kultural jawa mendominasi menghiasi dinding rumah kayu ini. dan Uniknya lagi adalah , semua properti yang merupakan isi rumah ini adalah perabotan asli yang didatangkan langsung dari Jawa dan dibongkar ulang. Wah keren ya .

MINI ATV

Nah kalau waana ini nggak ada batasan usia ya . mini ATV adalah Wahana permainan Cocok untuk anak – anak dan namun tetap wajib di dampingi orang tua / dewasa serta wajib memakai peralatan yang telah disediakan oleh pihak pengelola ya readers .

HOOK A FISH

Untuk orang tua yang ingin merasakan sensasi memancing bersama sang buah hati , readers bisa kok menjadikan hook a fish menjadi salah satu pilihannya . disini readers tidak perlu repot-repot membawa persediaan pancing ya , karena sudah pasti pihak pengelola telah menyedikan peralatan yang readers butuhkan nih . wah mancing mania ya bersama sang buah hati .

UNCLE’S BARN

wahana family arena ini sangat bagus nih untuk memberikan edukasi pada anak , disini anak akan belajar mengenal beragam jenis ternak loh dan bahkan anak-anakpun di perbolekan untuk  berinteraksi secara langsung dengan mereka seperti di Jendela Alam.

HORSE AROUND

Masih berhubungan langsung dengan hewan ya readers dago dream park pun tak ketinggalan untuk menawarkan sensasi jalan – jalan dengan naik kuda. berkeliling kawasan dago dreampark dengan menaiki seekor kuda poni yang lucu dan juga jinak, pastilah menyenangkan, seru dan menjadi pengalaman yang tak mudah dilupakan nih. Dan peraturan wahana permainan ini disediakan khusus bagi pengunjung yang berusia minimal 5 tahun dan berat maksimal 80 kg saja, dengan lama waktu 1 putaran ya. Jadi nggak usa takut kecapekan selama disini ya readers .

CHOO CHOO TRAIN

Dago Dream Park menyediakan sebuah permainan naik ATV dengan rute jalan seperti lajur balapan.Jika biasanya track yang lihat di sana biasa digunakan untuk bermain Gokart, maka di sini readers akan digunakan sebgai track ATV.Wahana permainan ini bisa dimaian anak kecil dan juga dewasa nih , keamanannya juga bagus dimana di kanan kiri tracknya diberikan pelindung ban. Harga Sewa Wahana Permaian Choo Choo Train di Dago Dream Park Bandung, setiap pengunjung dikenakan tarif Rp 25.000 saja.

LOST AND PARADISE

Namanya keren ya , namun readers nggak akan benaran tersesat kok . Wahana ini adalah berupa permainan seperti ular tangga yang divisualisasikan dengan cara berjalan menuju puncak .

di sana, readers ditantang untuk melewati tanjakan anak tangga berbatu dengan tambahan berupa rintangan seperti perosotan.Di perjalanan menuju puncak, readers bisa menyempatkan waktu untuk foto – foto atau sekedar memilih istirahat sejenak di tempat duduk yang terbuat dari batu untuk melepas lelah.Eksotisme hijaunya hamparan rerumputan dan juga bunga yang ditemukan di perjalanan akan membuat rasa lelah menjadi hilang seketika . setiap pengunjung akan dikenakan harga Rp.25.000 untuk bisa merasakan permainan ini .

HARGA WAHANA FAMILY ARENA DAGO DREAM PARK

Wahana Harga * Note
Geared Up 30.000 Tipe Wahana : Tiket B
Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Waktu Bermain: 30 Menit
Umur Min. : 5 Tahun
Berat Max. : 50 Kg
Pine House 30.000 Tipe Wahana : Tiket B
Waktu Bermain: 30 Menit
Umur Min. : 5 Tahun
Row A Boat 30.000 Tipe Wahana : Tiket B
1 tiket untuk 1 orang
Durasi maks 20 menit
ATV 35.000 Tipe Wahana : Tiket C
1 tiket untuk 1 orang
Durasi : 4 x Putaran
Minimal usia : 12 tahun
Kampung Dayang Sumbi 30.000 Tipe Wahana : Tiket B
Dilarang bawa makanan/minuman
Minimal usia : 12 tahun
Dilarang merusak fasilitas area
Anti Gravity 30.000 Tipe Wahana : Tiket B
Dilarang bawa makanan/minuman
Minimal usia : 12 tahun
Dilarang merusak fasilitas area
Maksimal 6 orang sekali masuk
Mini ATV 20.000 Tipe Wahana : Tiket A
1 tiket untuk 1 orang
Umur Min. : 5 Tahun
Berat badan maksimal 45 kg
Durasi permainan 4x putaran
Hook A Fish 30.000 Tipe Wahana : Tiket B
1 tiket untuk 1 orang
Umur Min. : 5 Tahun
Dilarang bawa alat pancing & umpan sendiri
Uncle’s Barn 30.000 Tipe Wahana : Tiket B
Jenis : Hewan – Hewan Ternak
Umur Min. : 5 Tahun
Horse Around 30.000 Tipe Wahana : Tiket B
Jumlah : 1 Putaran
Umur Min. : 5 Tahun
Berat Max. : 80 Kg

 WAHANA SELFIE EXTREME Dago Dream Park

salah satu tujuan dibuatnya kawasan wisata resort ” Fun In Nature ” Dago Dream Park adalah menyediakan sebuah wahana tempat berfoto di bandung yang instagenic dan kekinian . seakan peka dengan perkembangan jaman untuk itu, pengelola dago dream park bandung telah menyiapkan beberapa wahana selfie kekinian terbaru yang sangat menarik untuk readers coba, penasaran , check this out .

SKY TREE

Sejak awal kemunculannya sky tree inilangsung ngehits dan viral di banyak sosial media seperti instagram . wahana spot berfoto ini berada di atas ketinggian pohon setinggi 8 meter, dengan background yang dipenuhi pemandangan alam berupa hamparan pohon pinus yang sangat indah. Peraturan wahana Sky Tree di zona selfie ekstrim dago dreampark ini sendiri bisa dinaiki oleh pengunjung yang berusia minimal 12 tahun serta memiliki berat tubuh tidak lebih dari 250 kg.

LOVE SEAT

Love seat biasa dijadikan tempat untuk berbulan madu nih readers , loh kok bisa ? karena di Dago Dreampark, telah tersedia sebuah wahana berfoto anti mainstream yang romantis untuk anda berdua dengan pasangan, yakni wahana Love Seat. Cieeee .

Nah daya tarik dari love seat ini adalah berfoto tampak duduk di kursi dan meja yang digantung dengan ketinggian mencapai 20 meter, wow !! nah yang bisa mencoba naik wahana love seat ini adalah pengunjung yang usianya minimal harus sudah berusia 12 tahun serta berat badan tidak lebih dari 180 kg.

UP HOUSE

Ada yang pernah nonton film UP ? nah disini , kalian bisa kok merasakan menaiki rumah balon yang ada di film up yang hits itu . daya tarik wahana up house ini adalah sebuah tempat yang menarik untuk berfoto yakni berupa rumah yang digantung dengan ketiggian 4 meter yang sangat unik dan perlu nyali untuk memasukinya. berat tidak lebih dari 300 kg adalah persyaratan mutlak untuk tidak menaiki rumah ini .

BIRD NEST

adalah Wahana photo anti-mainstream di Dago Dreampark serupa sarang burung yang instagramble cocok untuk photo keluarga atau bersama pasangan , jadi disini disediakan properti layaknya sarang burung raksasa , readers dan keluarga akan masuk dan berfoto disarang itu layaknya anak burung yang menunggu induknya .

CORAL LAND

Wahana ini tak kalah unik nih readers , wahana baru di dago dream park ini menawarkan sensasi duduk di atas bunga teratai raksasa yang cantik layaknya biksu di danau. Wahh serasa jadi dewi kwan im ya hehe .

EMOT ISLAND

Lanjut wahana zona foto selanjutnya nih , yakni wahana emot island. park zone di dago dream park yang menawarkan spot berfoto yang instagenic duduk di atas sepeda yang di atasnya ada payung warna – warni. Cantik ya .

LOVE ISLAND

Selfie belum lengkap nih kalau belum ke love island ya readers . nah wahana spot selfie trends di dago dream park ini menawarkan sensasi berfoto di atas tempat duduk yang di gantung dengan background warna – warni pelangi .

SAPU SIHIR

Yang mau foto ala-ala harry potter, silahkan mampir ke spot ini ya, karena disini readers akan menemukan beberapa sapu yang melayang layaknya sapu penyihir. Siap jalan-jalan ke sekolah sihir nih .

CLOUDY CASTEL

Jangan lupa untuk kesini , cloudy castel adalah spot foto yang sangat intagramable banget yakni berupa bangunan castle imut warna – warni pink, biru, orange dll . dijamin fotomu akan kece badai saat berfoto disini ya readers .

SKY LINE

Sesuai namanya nih , wahana kece ini menjadi salah satu wahana terpopuler di dago dream park. Karena sky line menawarkan spot berfoto berupa anak tangga warna biru seperti menuju ke langit.

HARGA WAHANA SELFIE TRENDS DAGO DREAM PARK

Wahana Harga * Note
Sky Tree 20.000 Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Ketinggian : 8 Meter
Umur Min. : 12 Tahun
Berat Max. : 250 Kg
Love Seat 30.000 Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Ketinggian : 20 Meter
Umur Min. : 5 Tahun
Berat Max. : 150 Kg
Up House 30.000 Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Ketinggian : 4 Meter
Umur Min. : 5 Tahun
Berat Max. : 250 Kg
Flying Lounge 30.000 Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Ketinggian : 20 Meter
Umur Min. : 5 Tahun
Berat Max. : 80 Kg
Bird Nest 20.000 Jumlah : 4 s/d 7 Photo
Ketinggian : 20 Meter
Umur Min. : 5 Tahun
Berat Max. : 250 Kg

FYI, karena kontur tanah di area Dago Dream Park ini berada di kawasan perbukitan, maka area permainannya di bagi tiga lokasi.

Di tempat bagian atas, readers akan menemukan sejumlah tempat bermain.Di dekat sana ada Arena balap sepeda, lalu ada becak hingga permainan otopad untuk anak – anak yang sayang banget untuk dilewatkan begitu saja. Tak lupa pula pihak pengelola menyediakan fasilitas wisata kuliner yang cukup unik berupa adanya Food Truck.Menu Kuliner yang dihidangkan pun cukup beragam nih readers mulai dari masakan tradisional khas Sunda, nusantara hingga western food.

Lalu dilanjutkan Untuk di area bawah Dago Dream park, di sini terdapat beberapa wahana permainan yang dominan bertemakan wisata air, seperti Naik perahu dan memancing,tidak itu saja ya readers Wahana permainan menarik lainnya di sini juga terdapat wahana Flying Fox, Perahu Kora – Kora, Pine House, Geared Up dan yang lainnya.

Bukan hanya wahana saja yang menjadi pusat perhatian para pengunjung , namun fasilitaspun juga bisa menjadi prioritas utama nih . untungnya dago dream park ini menyediakan beberapa fasilitas yang profesional untuk memenuhi kebutuhan pengunjung , inilah beberapa fasilitas yang dapat readers rasakan selama di dago dream park , check this out :

TEMPAT KULINER DI DAGO DREAM PARK

jika readers datang ke sini, dan takut harga kuliner tidak bersahabat tentu menjadi pertimbangan ya , namun readers tidak perlu khawatir kok  sebab dago dream park sudah menyiapkan tempat kuliner enak dan murah meriah, ala Rumah Makan Sunda di Bandung dengan pilihan menu dan harga yang bervariasi sbb :

RESTORAN DAYANG SUMBI

Readers , seperti yang di uraikan diatas bawasanya restoran dayang sumbi salah satu spot foto dan restoran bagi para pengunjung . nah fasilitas tempat kuliner di dago dreampark ini turut menawarkan beragam menu hidangan ala RM Sunda yang tak kalah enak dengan RM sunda lainnya .ada beberapa menu makanan di restoran ini mulai Nasi timbel, nasi bakar, nasi liwet sate sosis, chicken katsu, ayam mentega, ayam goreng, bebek goreng, nasi goreng, mie goreng dll. Disini pun harga menu cukup unik ya yakni menggunakan sistem paket nih readers dimulai dengan A2 Rp.30.000/pax dan paling mahal Dayang Sumbi C6 Rp.55.000/pax. Jangan lupa mampir ya readers .

RESTORAN D’JAVA

Bosen dengan makanan khas sunda , dan ingin makanan yang lebih bervariasi khas nusantara, nah di sini juga tersedia Restoran D’Java dengan cara makan parasmanan, botram dll. Readers,menu kuliner yang disediakan pun cukup beragam nih mulai dari nasi timbel, nasi liwet solo, bistik ayam, ayam rica, olahan udang hingga buah segar dll. Untuk bisa menikmati hidangan di restoran d’java pengelola juga telah membuatnya ke dalam beberapa paket menu hidangan yang bisa pilih,mulai dari paket menu parasmanan D’Java C1 Rp.80.000, Paket Spesial Botram D’Java A0 Rp.68.250, hingga Paket Hemat Nasi Box D’Java A1 mulai Rp.40.000 saja

AMPHITHEATRE DAGO DREAM PARK

Jika readers datang secara rombongan ke Dago Dream Park, dan mau adakan kegiatan acara di sini, dago dream park sudah siapkan fasilitas outdoor berupa amphitheatre. Amphitheatre Dago Dreampark bisa digunakan untuk melakukan aktifitas dengan kapasitas 50 orang dan bisa menampung tidak kurang 150 orang penonton. Dengan konsep terbuka di tengah hutan pinus yang udaranya sangat sejuk dan alami pastilah membuat acara readers semakin berkesan.

RUANG SERBA GUNA Dago Dream Park

Readers, Dago dream park juga memiliki 2 jenis ruang serba guna dengan fasilitas fasilitas yang sudah lengkap. Setiap ruangannya sudah dilengkapi dengan meja dan kursi serta portable speaker hingga proyektor jika dibutuhkan.

FUNCTION ROOM

Function Room berada berada di pusat keramaian pengunjung Dago Dream park. Fasilitas ruangan dengan arsitektur unik ini memiliki teras yang luas, dekat tempat ibadah (mushola), rumah makan dan masih banyak yang lainnya. Harga sewa ruangan serba guna Function Room yang memiliki kapasitas sekitar 80 orang ini adalah Rp.650.000 untuk 2 jam. Cukup mahal ya readers.

JUANA

Lokasi ruangan serba guna Juana terkesan lebih private karena jauh dari keramaian aktifitas wisata para pengunjung Dago Dream park. Ruangan ini cocok dijadikan tempat untuk menggelar acara grup seperti organ tunggal atau acara hiburan lainnya. Harga Sewa Ruangan Serba Guna di Dago Dream Park Juana dengan kapasitas orang sekitar 70 orang ini adalah Rp.1.550.000/ 2 jam.

TEMPAT PREWEDDING DAGO DREAM PARK

Prewedding di Dago Dreampark? Sekarang calon pengantin dapat melakukan prewedding disini. Untuk Harga Prewedding di Dago Dream Park, readers bisa menghubungi pengelola. Fasilitas yang akan didapatkan adalah disediakannya Bus Bandros yang akan mengantarkan pulang pergi dari areal atas ke bawah di sana.

HARGA TIKET MASUK & WAHANA PERMAINAN DAGO DREAM PARK

Kategori Harga
HTM Dago Dream Park Weekday 25.000
HTM Dago Dream Park Weekend 30.000
HTM Dago Dream Park Hari Libur 30.000
Parkir Motor 5.000
Parkir Mobil 10.000
Parkir Bus 20.000

15+ Motif Henna Tangan Pengantin yang Simple Terbaru

Kumpulan gambar dan motif henna tangan pengantin yang simple, dan elegan terbaru untuk warna putih, gold/emas, merah, cokelat dan silver.

Bagi readers yang hobi banget sama film bollywood , pasti tidak asing lagi ya dengan yang namanya henna . diadegan film bollywood , ketika akan menikah misalnya sang pengantin wanita “ diwajibkan “ menghias tangan dan kaki mereka menggunakan henna nih readers , tujuannya mungkin agar si pengantin terllihat lebih menarik di hari pernikahannya .

Jadi, sini nggak perlu lagi deh jauh- jauh pergi ke bollywood jika hanya ingin melihat pengantin yang menggunakan henna ya . Pasalnya di indonesia sendiri sudah banyak pengantin yang menggunakan henna sebagai pemanis kaki dan tangan mereka.namun akhir – akhir ini henna bukan hanya penanda bahwa akan menjadi calon pengantin ya , sebab banyak juga wanita single yang menggunakan henna sebagai pengganti cincin dan gelang nih .

Sejarah Henna

Nah untuk readers yang masih belum paham apa itu henna, yuk kenalan sama seni ukir yang satu ini , check this out :

Sebelumnya banyak yang masih menganggap bahwa Henna dan Mahendi itu memiliki arti yang sama , namun nyatanya tidak ya readers . Dalam pengertiannya Henna adalah nama tumbuhan tertua yg digunakan sebagai kosmetik oleh manusia

sedangkan Mehndi adalah seni menghias tubuh dengan Henna , sama seperti seni lukis tato , bisa menggunakan pola apa saja yang readers inginkan tetapi tentu saja henna tidak menggunakan jarum sebagai media ukirnya ya biasanya henna dimasukan kedalam plastik kecil yang meruncing di ujungnya , jika ingin digunakan readers hanya perlu menggunting sedikit ujungnya dan siap mengukir di tangan ataupun kaki ya . henna pun tidak bersifat permanen , ia akan hilang dengan waktu tertentu seperti 1 minggu atau lebih lama . Jadi jangan sampai keliru ya readers .

Perkembangan Seni Henna di Dunia

Mengapa dikatakan sebagai kosmetik tertua didunia ? sebab henna telah digunakan lebih dari 5000 tahun yang lalu hingga sekarang loh readers . Kata Henna berasal dari bahasa Arab untuk tanaman Lawsonia Inermis ( tanaman Henna ) . Tanaman Henna sendiri mampu tumbuh sepanjang 4 sampai 6 kaki di negara yang cenderung memiliki iklim yang panas seperti Pakistan, India, Mesir, Afganistan, Iran, Palestina, Afrika, Suriah, Yaman, Uganda, Maroko, Senegal, Tanzania, dan Kenya.

Untuk sejarah penyebarannya ada Beberapa sejarawan berpendapat bahwa bangsa Mogul lah yg pertama kali memperkenalkan mehndi ke India namun ada juga sejarawan lain mengatakan bahwa asal mula mehndi adalah India, sedang yg lain mengatakan bahwa asal mula mehndi adalah Timur Tengah atau Afrika Utara. Jadi menurut readers yang mana yang lebih tepat ?

Di negara “ asalnya “ seperti India – negara-negara Arab dan Afrika, Henna sangat penting digunakan pada suatu acara pernikahan dimana tangan dan kaki sang mempelai akan dilukis sedemikian rupa dengan aneka motif yang indah . bukan semata hanya untuk pemanis sang pengantin namun melukis Henna pada tubuh pun dipercaya bertujuan untuk menangkal kejahatan dan gangguan nih, serta membawa nasib baik bagi pemakainya.

Itulah kenapa Henna biasa digunakan pada calon pengantin dan ibu hamil beberapa hari sebelum menikah dan melahirkan. Bila pada calon pengantin Henna dilukis pada bagian tangan dan kaki, maka pada ibu hamil Henna dilukis pada bagian perut atau dikenal dengan istilah Henna belly.

Motif Henna

Nah dibawah ini , ada beberapa motif – warna – makna yang tersirat dalam pemasangan henna ya readers , apa saja . semoga menginspirasi ya :

Motif Henna Simple

Gambar Motif sulur

Motif sulur henna tangan pengantin yang simple
motif sulur

Terlihat simpel namun tetap cantikkan readers . untuk readers yang kurang suka “ beramai – ramai “ dalam memasangkan mahendi di tangan maupun kaki motif ini bisa menjadi solusi nih . meskipun design nya terlihat simpel namun makna yang terkandung dalam motif ini sungguh luar biasa loh readers yakni doa bagi sang pengantin tentang usia pernikahan mereka , disini Tanaman merambat beserta daunnya yang lentik dan bunganya yang permai dipercaya melambangkan usia panjang pernikahan.

Motif Bulan

Motif ini sangat dalam maknanya readers ,selain cantik nan unik ada doa yang diselipkan , yakni harapan agar cepat diberi momongan. Namun jangan terlalu banyak berharap ya readers sebab semua tergantung pada apa yang kita usahakan .

Design Henna Cantik

Motif Air

Desain henna yang cantik motif air
Motif Air

berbentuk ombak atau gelombang-gelombang air memberikan harapan agar kelak si mempelai wanita bisa lebih mawas diri dan bersikap lebih fleksibel layaknya air kepada sang suami dan keluarga mertua.

Diantaranya juga air sebagai salah satu media pensuci yang diharapkan dapat mensucikan hati dan pikiran pengantin untuk memulai kehidupan yang baru yang akan dijalani .

Gambar Henna yang Elegan

Motif Bunga

Motif Bunga

Didalam seni ukir mahendi , motif henna dapat dijadikan 2 kategori yakni motif bungka yang masih kuncup dan motif bunga yang telah mekar . desain bunga merupakan harapan akan mekarnya kebahagiaan dalam suatu pernikahan.

Ditambah lagi, kuncup bunga merupakan sebuah perlambangan awal baru dalam hidup, yang mana layaknya sebuah tanaman yang dipupuk cinta, diharapkan tumbuh dengan penuh kesuburan dan kebahagian.

Motif Teratai

Mengapa motif ini dibedakan denganmotif bunga pada umumnya ya ? karena diberbagai negara di Asia termasuk Indonesia, bunga teratai adalah sebuah lambang kecantikan dan kesucianseorang wanita .

Digambarkan pada tangan, halini diharapkan sang wanita akan terlihat memukau dan suci di hari pernikahannya. Selain itu, desain bunga teratai juga dikatakan dapat membuka jiwa dan mata batin seseorang loh .

Warna Henna Tangan Pengantin yang simple

Henna Putih

Henna warna putih
Henna warna putih

Gold Henna/ Henna emas

henna gold/emas
henna gold/emas

Gambar Henna Biru

Henna warna biru

Contoh Henna merah marron

henna merah marron
henna merah marron

Foto Henna Hitam

Henna Hitam
Henna Hitam

Nah cantik – cantikkan readers , bisa di pakai seari – hari juga tidak mesti harus jadi pengantin dulu ya baru bisa menggunakan mahendi . mungkin readers bertanya – tanya nih , aman nggak sih menggunakan henna untuk kulit ? sebenarnya jika readers menggunakan henna dari bubuk alami atau langsung menumbuknya dari daun tanaman ini , maka henna yang readers gunakan tidak akan berbahaya meskipun kulit readerssangat sensitif.

nah yang perlu di perhatikan ialah jangan terlalu sering menggunakan henna dari bahan-bahan pewarna kimia yakni dapat menimbulkan iritasi . Lalu untuk readers yang muslimah bisa menggunakan henna untuk ibadahya , namun yang tidak di perbolehkan ialah henna yang berbentuk body painting seperti warna perak dan gold .

Tips agar henna tahan lama


Jika readers ingin mempertahankan henna yang ada di tubuh readers lebih lama , ada beberapa tips nih yang bisa readers terapkan agar henna tetap tahan lebih lama , Caranya adalah seperti ini :

  • Lapisi dengan Minyak
    Langkah pertama sebelum readersmengaplikasikan henna pada kulit, usahakan mengoles terlebih dahulu minyak pada area yang akan dilukis dengan henna. readers bisa saja menggunakan minyak sayur biasa dengan tujuan henna bisa meresap pada kulit ya .
  • Panaskan Suhu Kulit
    For your info nih readers , suhu kulit secara tidak langsung turut mempengaruhi berapa lamanya henna melekat pada kulit. Semakin tinggi suhu tubuh, henna akan semakin awet di kulit. readers tidak harus memanaskan suhu tubuh secara keseluruhan ya cukup menghangatkan suhu tangan saja. Caranya yaitu dengan membungkus tangan beberapa saat dengan tisu lalu dilapisi dengan plastik. Ingat, sebelum membungkus tangan, readers harus membuat desainnya terlebih dahulu.
  • Tambahkan Essential Oil pada Henna Bubuk
    apabila readers menggunakan henna bubuk, cobalah tambahkan essential oil agar warna yang dihasilkan lebih kuat dan tahan lama ya . Di samping itu juga , readers dapat menambahkan minyak kayu putih karena mengandung zat bernama terpinol yang punya kemampuan meningkatkan warna henna. Selain minyak kayu putih, bisa juga digantikan dengan minyak zaitun atau minyak lavender. Takarannya adalah 5 ml untuk setiap 10 gram henna bubuknya .

Cara Alami

  • Tambahkan Jeruk Nipis pada Pasta Henna
    Nah Jika henna yang readers gunakan berbentuk pasta, jangan lupa tambahkan jeruk nipis ya untuk mengeluarkan warnanya. Jeruk nipis juga membuat henna tahan lebih lama pada kulit loh .
  • Keringkan dengan Suhu Panas
    Henna akan tahan lebih lama apabila dikeringkan dengan suhu yang panas. Jadi setelah menggunakan henna, readers dapat menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan henna. Mintalabantuan kepadateman atau keluarga ya .
  • Minyaki Saat Mandi
    Pada umumnya, henna akan memudar secara perlahan jika terkena air. Saat mandi, henna kadang menjadi rusak dan pudar apalagi kalau kulit digosok dengan sangat kuat. Nah untuk mencegah hal ini, gunakanlah minyak sayur. Minyak bisa melindungi kulit dari air sehingga bisa mempertahankan henna pada kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak sayur menggunakan tissue sebelum mandi pada kulit yang ada henna.
  • Hindari Penggunaan Lotion dan Menggosok Kulit
    Saat kamu menggunakan lotion, sebaiknya gunakan secara lebih hati-hati ya karena lotion pun bisa memudarkan henna ya. Kalau bisa hindari dahulu pengguaan lotion untuk sementara waktu. Hal ini akan membantu membuat henna tahan lebih awet. Hindari juga menggosok kulit saat mandi agar henaa tidak terangkat ya .

Harga Tiket Wisata Kampung Turis Karawang 2020

Review lengkap wisata kampung turis karawang, mengulas lengkap harga tiket, paket wisata, fasilitas, menu makanan, penginapan/villa dan foto terbaru 2020

waterpark Kampung turis karawang
Waterpark Kampung Turis Karawang

Kampung turis karawang adalah salah satu icon dari beberapa wisata yang ada di Desa Mekarbuana, dengan menawarkan tempat rekreasi yang ditata dengan suasana yang etnik dan alami. Destinasi wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi karena suasananya tenang dan nyaman ditengah suasana pedesaan yang dikelilingi perbukitan dan persawahan dikaki Gunung Sanggabuana, tempat wisata ini berkonsep kawasan wisata terpadu dimana tersedia berbagai macam fasilitas.

Lokasi Kampung Turis Karawang

Lokasi Kampung Turis berada dikaki Gunung Loji, Jalan Parakanbadak, Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Karawang. didirikan pada tahun 2009 oleh Bapak H. Agus selaku owner yang memegang dan mengambil alih tempat wisata Kampung Turis. Nama Kampung Turis itu sendiri diambil dari nama Kampung setempat oleh pemilik wisata tersebut. Seiring berjalannya waktu, manajer di Kampung Turis telah beberapa kali berpindah tangan, yang saat ini di ambil alih oleh Pak Saefullah. Perkembangan wisata Kampung Turis sejak awal didirikan hingga saat ini berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Awal peningkatan penjualan yang melonjak drastis yaitu pada Tahun 2011 dengan penjualan tiket perbulan kurang lebih mencapai 1500 tiket.

Kampung Turis dibangun secara bertahap mengikuti banyaknya pengunjung yang datang ke tempat wisata tesebut. Pembanguna wahana pertama di Kampung Turis yaitu hanya 1 buah kolam renang tanpa fasilitas apapun (kolam renang biasa) , tanpa wahana, dan tanpa Resort. Setelah wisata Kampung Turis diketahui secaraumum oleh masyarakat baik turis domestik maupun turis mancanegara, Pembangunan secara bertahap dilakukan oleh pemilik Wisata Kampung Turis guna meningkatkan daya tarik pengunjung.

Kampung Turis sendiri merupakan wisata pertama yang menyediakan kolam renang bagi masyarakat setempat sampai akhirnya menjadi tempat wisata besar didaerah setempat. Saat ini wisata Kampung Turis menjadi salah satu destinasi wisata favorit dan tempat wisata yang paling dikenal di daerah Loji, Karawang. Kampung Turis juga menjadi sebuah contoh bagi tempat wisata lain yang berada di Loji.

Kendala yang dirasakan oleh pengunjung sampai saat ini adalah akses menuju wisata kampung turis tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kampung turis berada dibawah kaki Gunung Loji. Jarak yang ditempuh apabila wisatawan memulai perjalanan dari Karawang Kota menuju Kampung Turis sekitar ± 2 jam untuk kendaraan roda empat (mobil) dan ± 1 jam untuk kendaraan roda dua (motor). Meskipun begitu, antusias masyarakat terhadap wisata Kampung Turis sangat tinggi. Karena Kampung Turis sendiri memiliki daya tarik yang bagus bagi wisatawan. Dan sekarang Kampung Turis memiliki berbagai macam fasilitas lain,diantaranya Waterpark, Resort, Futsal, Outbound dan aneka wahana lain.

Alamat Kampung Wisatawan Karawang

Alamat: Pusat Niaga & Perkantoran Sentra Cikarang Kav 125, Jl. Raya Cibarusah Blok B No. 24, Sukaresmi, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, 17550, Indonesia.

CP: 081384483434

Kantor: (021) 89903001

PIN BB: 5D1248D4

WA: 081311425430

Email: kampung_turis@yahoo.com

Twitter: @kampung_turis

Instagram: @kampungturis16

Harga Tiket Masuk Kampung Turis Karawang

Hari Senin – Jum’at : Rp 25.000 / Orang
Hari Sabtu & Minggu : Rp 40.000 / Orang
Hari Raya & Libur Nasionnal : Rp 40.000 / Orang

Fasilitas Waterpark Kampung Turis

-> Kantin Food dan Soft Drink

-> Area bermain Anak (Outdoor)

-> Ember Tumpah

-> Sungai Arus

-> Kolam Renang Olympic

-> Penyewaan Ban

-> Tempat Penitipan Barang (Loker)

-> Three Slides

-> Toko Souvenir

Harga Tiket Permainan Di Kampung Turis Kerawang

-> ATV Kecil : Rp 30.000

-> ATV Besar : Rp 60.000

-> Waterball : Rp 10.000

-> Flying Fox : Rp 30.000

-> Bungee Trampolin Rp 15.000

-> Rumah Balon : Rp 15.000

-> Lapangan Futsal : Rp 150.000 / Jam

-> Kereta Api Mini : Rp 5.000

-> Perahu Bebek : Rp 25.000

-> Terapi Ikan : Rp 10.000

-> Taman Kelinci : Rp 10.000

Paket Wisata

Harga Paket Rombongan Kampung Turis Kerawang

Harga Paket Anak-anak : Rp 130.000 (Weekday) – Rp 150.000 (Weekend)

Jumlah Rombongan : Minimal 20 Anak

Fasilitas Paket Anak-anak :

Welcome Snack

Out Bound

Fun Games

Makan Siang

Waterpark

Taman Kelinci

Harga Paket Dewasa

Rp 140.000 (Weekday) – Rp 160.000 (Weekend)

Jumlah Rombongan : Minimal 20 Orang

Fasilitas Paket Dewasa :

Welcome Snack

Out Bound

Fun Games

Makan Siang

Waterpark

Harga Paket Full Service

Rp 180.000 (Weekday) – Rp 200.000 (Weekend)

Jumlah Rombongan: Minimal 20 Orang

Fasilitas Paket Full Service:

Welcome Snack

Out Bound

Fun Games

Makan Siang

Waterpark

Makan Sore

Harga Tiket Wahana Permainan Kampung Turis

Wahana Harga Tiket
Flying Fox Rp30.000
Terapi ikan Rp10.000
Taman Satwa Rp10.000
Paket fun games Rp700.000
ATV Rp30.000
Water park Rp25.000 (weekday) Rp40.000 (weekend)
Bungee trampoline Rp15.000
Lapangan futsal Rp120.000 (weekday) Rp150.000 (weekend)
Rumah balon Rp15.000
Perahu bebek Rp30.000
Kereta api mini Rp5.000

Harga Penginapan/Villa di Kampung Turis

Pilihan Paket Tarif per Malam
Weekday Weekend
Sanur Rp700.000 Rp1.000.000
Kintamani Rp1.000.000 Rp1.400.000
Gianyar Rp900.000 Rp1.400.000
Jimbaran Rp1.000.000 Rp1.400.000
Legian Rp1.600.000 Rp1.800.000
Paket Aula Rinjani Rp800.000 Rp800.000
Paket Aula Pangrango 1 Rp600.000 Rp600.000
Paket Aula Pangrango 2 Rp700.000 Rp700.000
Paket Aula Pangrango 3 Rp900.000 Rp900.000
Paket Aula Rinjani menginap Rp2.200.000 Rp2.400.000
Paket Aula Pangrango menginap Rp2.700.000 Rp2.700.000

Harga Menu Makanan di Kampung Turis

Menu Paket Turis

PAKET TURIS A PAKET TURIS B
Nasi putih BSoto ayam Rendang daging Sambal goremg ati Tahu kipas Tumis kangkung Karedok Lalapan sambal Kerupuk udang Buah segar Es kelapa NAsi putih Sop daging Soto ayam Ikan nila bakar Kentang lidi Gado-gado Tahu kipas Lalapan sambal Kerupuk udang Buah segar Es kelapa

Menu Paket Makan Kotak / Box Paket 45,000

PAKET A PAKET B PAKET C
Nasi putih Daging sapi lada hitam Bihun goreng bakso Bakwan jagung Sambal goreng kerupuk buah Air minum kemasan Nasi putih Empal Keripik kentang Bakwan jagung Tumis kembang kol Sambal goreng kerupuk buah Air minum kemasan Nasi putih Rendang daging Bakmi bakso Tahu tempe Lalapan sambal Kerupuk Buah Air minum kemasan

Menu Paket Makan Kotak / Box Hemat 40,000

HEMAT A HEMAT B HEMAT C
Nasi putih Ayam bakar / goreng Balado kentang Tahu tempe Lalapan sambal Kerupuk Buah Air minum kemasan Nasi putih Ikan bakar / goreng Ikan asin Tahu tempe Sayur asem Lalapan sambal Kerupuk Buah Air minum kemasan Nasi putih Bisik ayam Brokoli jagung Tahu tempe Lalapan sambal Kerupuk Buah Air minum kemasan

PAKET SNACK

Minimum peserta 20 orang

HARGA Keterangan SNACK Minuman
15,000 Memilih 3 jenis snack & 1 minuman Pisang goreng Pisang rebus Ubi goreng Ub rebus Singkong goreng Singkong rebus Kacang tanah rebus Kacang polong rebus Ketimus Combro Misro Bandrek Kopi Teh panas Bajigur Susu jahe
10,000 Memilih 3 jenis snack Lemper Risoles Bolu Tahu isi Soes Pastel Putri ayu Bakwan sayur Air mineral

Penilaian wisata Desa Turis

Untuk menjalankan kegiatan usaha diperlukan tempat usaha yang dikenal dengan lokasi. Lokasi berhubungan dengan keputusan yang dibuat oleh perusahaan mengenai dimana operasi dan staffnya akan ditempatkan, yang paling penting dari lokasi adalah tipe dan tingkat interaksi yang terlibat. Terdapat tiga macam tipe interaksi antara penyedia jasa dan penyelenggara yang berhubungan dengan pemilihan lokas, yaitu sebagai berikut:

  1. Pelanggan mendatangi penyedia jasa.
  2. Penyedia jasa mendatangi pelanggan.
  3. Penyedia jasa dan pelanggan melakukan interaksi melalui perantara.

Dimensi lokasi pemilihan tempat atau lokasi memerlukan pertimbangan yang cermat terhadap beberapa faktor sebagai berikut: Akses, misalnya lokasi yang mudah dijangkau sarana transportasi umum. Visibilitas, misalnya lokasi yang dapat dilihat jelas dari tepi jalan. Lalu lintas (traffic), dimana ada dua hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu 1). Banyaknya orang yang lalu lalang dapat memberikan peluang besar terjadinya impulse buying. 2). kepadatan dan kemacetan lalu lintas dapat pula menjadi hambatan tempat parkir yang luas dan aman, ekspansi, tersedia tempat yang cukup untuk perluasan usaha di kemudian hari. Lingkungan, yaitu daerah sekitar yang mendukung jasa yang ditawarkan. Persaingan, yaitu lokasi pesaing dan peraturan pemerintah [Hurriyati, 2015]. Faktor-Faktor dan indikator untuk lokasi antara lain sebagai berikut:

Lokasi dan Akses Jalan. Kesesuaian dengan bidang usaha dan penggunaan.

  • Tetangga.
  • Akses jalan.
  • Bebas banjir.
  • Panorama

Pengaruh Harga Tiket terhadap wisatawan

Kotler dan Armstrong mengemukakan harga memiliki peranan penting dalam proses keputusan pembelian. Harga adalah sejumlah uang yang dikorbankan untuk suatu barang atau jasa, atau nilai dari konsumen yang ditukarkan untuk mendapatkan manfaat atau kepemilikan atau penggunaan atas produk atau jasa [Suparyanto and Rosad 2015]. Harga adalah korbanan yang diberikan oleh pembeli untuk memperoleh produk, dan harga merupakan faktor penting dalam menetapkan value (value for price) [Agustinus, 2016]. Harga terdiri dari beberapa komponen: 1). Harga yang ditawarkan penjual (price list). 2). Diskon. 3). Harga pada e-catalog. 4). Tanda pemesanan.

Menurut Kotler, indikator harga dikatakan bahwa ada beberapa faktor pertimbangan pelanggan dan perusahaan tentang harga diantaranya yaitu:

  • Daftar harga, misalnya bagaimana daftar harga produk/jasa yang ditawarkan perusahaan termasuk dalam kriteria pelanggan.
  • Potongan harga, misalnya potongan harga/diskon atas produk/jasa.
  • Periode pembayaran, pembayaran dibayar melalui beberapa periode atau tahapan sampai misalkan uang muka dibayar terlebih dahulu setelah menerima produk/jasa baru membayar biaya seluruhnya yang dibebankan atas perjanjan antara penjaual dan pelanggan

Kualitas pelayanan Kampung Wisatawan asing

Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting dalam penentuan keputusan pelanggan. Pada prinsipnya, definisi kualitas jasa/pelayanan berfokus pada upaya pemenuhun dan keinginan pelanggan serta ketepatan untuk mengimbangi harapan pelanggan. Menurut Zeithml ada 5 aspek dari kualitas pelayanan yang sangat terkenal, yaitu Reliable, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiveness (dapat dipercaya, jaminan, bukti fisik, empati, dan cepat tanggap) [Agustinus, 2016].

Dalam keputusan membeli, 5 aspek tersebut yang biasa digunakan sebagai indikator kualitas layanan. Adapun menurut Parasuraman terdapat lima dimensi antara lain: 1). Reliabilitas (reliability) yakni kemampuan memberikan layanan yang dijanjikan dengan segera, akuratdan memuaskan. 2). Daya tanggap (responsiveness), yaitu keinginan para staff untuk membantu para pelanggan dan memberikan layanan dengan tanggap. 3). Jaminan (assurance), mencakup pengetahuan, kompetensi, kesopanan, dan sifat dapat dipercaya yang dimiliki para staff; bebas dari bahaya, resiko atau keragi-raguan. 4). Empati (empathy), meliputi kemudahan dalam menjalin relasi, komunikasi yang baik, perhatian pribadi, dan pemahaman atas kebutuhan individual para pelanggan. 5). Bukti fisik (tangibles), meliputi fasilitas fisik, perlengkapan, pegawai dan sarana komunikasi [Tjiptono, 2015].

Kepuasan Wisatawan Kampung Turis

Perilaku pembelian konsumen adalah studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, menggunakan dan bagaimana barang, jasa, ide atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka [Kotler and Keller, 2015]. Menurut Peter dan Olson pengambilan keputusan konsumen adalah proses pemecahan masalah yang diarahkan pada sasaran. Pengambilan keputusan konsumen adalah proses pengintegrasian yang meng kombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua prilaku alternatif atau lebih, dan memilih salah satu diantaranya [Sangaji and Sopiah, 2013]. Menurut Engel et al dalam Pride dan Ferrel perilaku pembelian adalah proses keputusan dan tindakan orang-orang yang terlibat dalam pembelian dan penggunaan produk [Sangaji and Sopiah, 2013].

Engel et al mengemukakan empat tahapan perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, yaitu : 1). Pengenalan kebutuhan. 2). Pencarian informasi. 3). Evaluasi alternatif. 4). Keputusan pembelian [Sangaji and Sopiah, 2013]. Heuristik adalah aturan yang sederhana atau jalan pintas mental dalam proses keputusan. Mengevalusi atribut yang berada dalam isolasi lebih mudah dalam membuat keputusan. Kotler dan Keller mengemukakan ada dua heuristik pilihan: 1). Heuristik Konjungtif (conjuntive heuristic). Konsumen menetapkan tingkat cut off minimum yang dapat diterima untuk setiap atribut. Pembobotan disamakan pada tingkat minimum. 2). Heuristik Leksikografis (lexicographic heuristic) Konsumen membandingkan merek berdasarkan atribut yang dipilih secara probabilistik, dimana probabilitas pemilihan atribut berhubungan positif [Agustinus, 2016].